Teater Peringatan 99 Tahun Takarazuka Revue

edited

Sudah tahukah kamu apa itu Takarazuka?  Yang ngaku suka jepang beneran nggak afdol kalau nggak tau hal yang satu ini. Takarazuka Revue (atau lebih beken dengan sebutan Takarazuka saja) adalah sebuah kelompok Teater Musikal yang keseluruhan pemain nya adalah wanita single. Berdiri pada tahun 1914, Takarazuka dibagi menjadi 6 kelompok pentas yaitu; Hana-gumi, Tsuki-gumi, Yuki-gumi, Hoshi-gumi, Sora-gumi dan Senka atau kelompok senior yang bertugas memperkuat pementasan. Setiap tahun masing-masing kelompok selalu diwajibkan menggelar pementasan. Mulai dari di tempat asalnya prefektur Hyogo hingga pementasan berskala besar ke seluruh wilayah jepang.

Unik nya lagi, semua pemain Takarazuka nggak dipilih melalui audisi seperti kebanyakan artis disini lho.  Melainkan dimulai dengan mengikuti pendidikan resmi di Takarzuka Music Academy. Disanalah para calon pemain ini digembleng banyak hal termasuk olah suara dan penampilan sebagai karakter laki-laki. Beberapa karya yang telah dikenal dunia saat ini diantaranya adalah  Phantom, Rose of Versailles, Romeo & Juliet, dan masih banyak lagi. Takarazuka  mengangkat tema dari novel dan film baik yang diadaptasi dari Barat, Asia, maupun Jepang sendiri.

Memperingati 99 tahun kelahiran Takarazuka, Yuki-gumi mementaskan teater musikal berjudul “Shall We Dance?” dan “Congratulations! Takarazuka” pada 8 November 2013 lalu di Takarazuka Grand Theater, Hyogo. Shall We Dance diadaptasi dari film berjudul serupa karya Masayuki Suo yang terbit pada tahun 1996.

Mengisahkan tentang seorang akuntan sukses yang terjatuh dalam rasa depresi dan akhirnya mulai kembali menemukan gairah  hidupnya pada saat mengikuti kelas dansa. Teater ini dipentaskan dengan penuh semangat dan kelincahan para aktris yuki-gumi sehingga tentunya menghasilkan kesan baru ketimbang film aslinya.

Tak hanya itu masih banyak lagi pentas teater yang bakal menghiasi musim dingin tahun ini. seluruh jadwad pementasan dapat dilihat pada website resmi nya.

dsc04897_001

0400006734150poster

 

Source : kageki.hankyu.co.jp , asahi.com