Minggu lalu diberikan pengumuman akan kelanjutan dari projek anime yang booming tahun lalu, Kemono Friends. Akan tetapi terlihat kalau projek itu takkan berjalan mulus, dengan fans yang tak sepenuhnya memberi dukungan, belum lagi tak lama setelah pengumuman projek itu kena masalah. Tapi bagaimanakah menurut pendapat sang sutradara Kemono Friends pertama akan KemoFure 2? Ia belum lama ini beri komentar, dan menceritakan masalah lain lagi yaitu upah.

Mina-san kemungkinan besar sudah tahu, kalau penyebab dari fans tak mendukung projek ini, adalah karena TATSUKI sang sutradara Kemono Friend pertama, yang bisa dibilang yang membuat projek itu bisa booming dan populer, dipecat oleh Kadokawa.

Alasannya yang aneh membuat fans memberi dukungan pada Tatsuki dan menyalahkan Kadokawa. Masalah ini sangat besar sampai saham Kadokawa sempat terjun payung, dan pemecatan Tatsuki jadi trending topic secara internasional di Twitter.

Dan efek itu masih saja berlanjut. Jika mina-san tonton teaser trailer Kemono Friends 2 melalui website/app Youtube, pojok komen diramaikan masalah itu. Terutama dari fans barat yang memasang hashtag #NoTatsukiNoTanoshii. Dan video itu mendapat 4.900an Like dan.. 44.000an Dislike.

 

Dan Tatsuki juga telah mengkomentari masalah audisi seiyuu Kemono Friends 2 kemarin-kemarin, dan membuka masalah lain lagi yang bikin fans bisa makin tak dukung projek ini. Di Tweet, dikatakan kalau ia sudah mendengar kabar masalah naskah audisinya tidak memberi kredit akan author naskah originalnya, menunjukkan kalau tim produksi tidak memiliki rasa hormat pada karya kreatif.

Tatsuki kemudian melanjutkan dengan buka-bukaan mengenai gaji kerjanya dalam projek Kemofure. Dikatakan kalau ia belum dapat sepeser Yen pun dari naskah yang dibuatnya ataupun upah royalti. Rasanya bikin stress jadi ia mencoba tak memikirkannya, tapi mungkin lebih baik buka-bukaan mengatakannya saja.

Untuk penjelasan, sebenarnya awalnya Tanabe Shigenori yang ditugaskan menulis naskahnya, sementara Tatsuki menangani storyboard. Tapi penulisan naskahnya kemudian diambil alih Tatsuki, dan pada akhirnya ia mendapat kredit yang menangani naskah dan komposisi serinya. Tapi walau diberi kredit, seperti yang dikatakan, Tatsuki tak dapat upah dari naskahnya itu, duh parah juga ya mina-san 🙁 benar-benar No Tanoshii nih.

Comments