Visual Novel untuk Windosw, PSP, PS Vita dan PS3 berjudul REWRITE yang dibesarkan oleh developer KEY dan disupport penuh oleh VisualArt memang sudah tercium kabarnya bakal naik strata menjadi sebuah anime adaptasi. Berita tersebut muncul pertama kali pada pertengahan bulan september tahun 2015 dimana baru sekelumit informasi yang dapat disajikan oleh official websitenya.

Rewrite pertama kali dirilis tahu 2011 dan tahun berikutnya merilis seri terbaru dengan judul Harvest Festa! untuk empat platform game diatas. Selain itu mereka juga telah memunculkan adaptasi manga berjumlah empat seri yang masing-masing serinya terdiri dari delapan, lima, dua, dan dua puluh sembilan  tankoubon. Karena kepopulerannya, Tanaka Romeo, seorang penulis sekaligus script writer juga turut berpartisipasi dengan menerbitkan sebuah light novel dengan judul serupa.

Untuk serial animenya sendiri bakal ditangani oleh duo Nonaka Masayuki dan Inoue Itaru sebagai tim desainer karakter plus animasi dibawah nama Studio 8-bit. Sedangkan untuk alur cerita akan ditulis oleh sang novelist Tanaka Romeo. Pusat kendali, posisi project leader diisi oleh Tensho-san yang pernah menangani  Grisaia No Kajitsu. Hampir sebagian besar dari staff produksi ini juga merupakan staff yang pernah menangani versi gamenya.

Poster di Kokusai Tenjijou Eki
Poster di Kokusai Tenjijou Eki

Nah, kabar kelanjutan untuk animenya nih, setelah merahasiakan progress hampir tiga bulan, mereka pun akhirnya angkat bicara kembali. Anime yang bakal ditunggu-tunggu berjuta pasang mata penonton karena bau-baunya bakalan bikin nangis kayak Clanad ini nyatanya masih lama rilis. Official website mereka memasang pengumuman bahwa Rewrite Anime bakal mengudara mulai bulan Juli 2016. Kabar tersebut juga didukung oleh bukti offline berupa poster yang terpasang di Kokusai Tenjijou Eki, Tokyo. Dan satu kabar lagi, aniplex bakal menayangkan video promosi khusus untuk anime ini dalam acara Comiket pada tanggal 29 Desember 2015 mendatang.

Rewrite, versi oroginal menceritakan kisah kota fiksi Kazamatsuri yang menjadi tempat berlangsungnya kehidupan manusia dan alam liar masih tumbuh berdampingan. Pusat cerita tertuju padaTennouji Kotaro, seorang siswa SMA yang begitu tertarik dengan keberadaan binatang langka di hutan kota tersebut. Ia menghabiskan banyak waktu bersama lima teman sekolahnya yaitu Kotori Kanbe, Chihaya Ohtori, Sizuru Nakatsu, Lucia Konohana serta Akane Senri untuk meneliti keadaan disekitarnya. Lama-kelamaan Kotaro jatuh cinta pada satu diantara lima cewek ini. Player game akan memainkan peran Kotaro dan akan jatuh cinta pada gadis pilihan player sendiri. Setiap gadis membawa cerita dengan ending yang berbeda-beda.

rewrite1