Takahashi Minami Mengumumkan Kelulusannya, Yokoyama Yui Penerus Soukantoku

2
Takahashi Minami berpose di salah satu pilar teater yang diberi garis menandakan umur teater

Pada 8 Desember lalu, Takahashi Minami telah berumur 23 tahun dan bersamaan itu pula Teater AKB48 berumur 9 tahun. Di saat ulang tahunnya tersebut, ia juga mengumumkan kelulusannya dari grup yang telah membesarkan namanya tersebut.

Aku, Takahashi Minami, akan lulus pada tanggal 8 Desember 2015. Pemberitahuan ini datang satu tahun lebih awal. Saya mengumumkan saat ini karena saya ingin memberikan waktu untuk anggota yang akan saya berikan jabatan menjadi General Manager berikutnya, yakni Yokoyama Yui, mantan kapten Tim A dan saat ini menjabat sebagai kapten Tim K,” Ujar Takahashi Minami.

Ia melanjutkan, “Saya hanya ingin mengatakan 1 hal. Ini bukan hal yang menyedihkan. Tahun depan kami merayakan ulang tahun ke 10. Ini adalah tahun yang penting. Saya sangat senang bahwa grup ini bisa bertahan sampai saat ini. Grup ini bukanlah sesuatu yang berakhir setelah 10 tahun berdiri. Saya berharap ini dapat terus bertahan hingga ulang tahun ke-11 nya. Ini akan baik-baik saja. Saya akan bekerja keras dengan Yokoyama untuk menjalin hubungan dengan anggota yang tersisa bersama-sama.”

Takahashi Minami bergabung bersama AKB48 pada Oktober 2005 sebagai generasi pertama, Takahashi Minami yang lahir pada 8 April 1991 akan meninggalkan teman seperjuangannya di AKB48, saat ini yang tersisa di generasi pertama AKB48 hanya Kojima Haruna dan Minegishi Minami.

Takahashi Minami saat memberikan pidatonya di teater AKB48
Takahashi Minami saat memberikan pidatonya di teater AKB48

Nah, dalam kesempatan itu, Minami juga secara simbolik memberikan pidato dan memperkenalkan Yui sebagai Soukantoku (General Manager) yang baru. Berikut petikan pidatonya:

Mungkin aku tidak memiliki banyak waktu yang tersisa untuk membalas kebaikan AKB48. Meski begitu, bagaimanapun juga, aku ingin meninggalkan sesuatu untuk member yang akan memikul masa depan AKB48. Aku pikir ini adalah salah satu bentuk balas budi yang mampu ku lakukan.

Setelah aku pergi, aku ingin nama Yokoyama Yui sebagai orang yang akan memimpin AKB48 Group sebagai Soukantoku berikutnya. Terus terang, Soukantoku adalah posisi yang menyusahkan. Sulit. Aku pikir member yang dekat dengan ku mungkin merasakan ini juga. Itulah sebabnya aku benar-benar benci bahwa aku harus memberi nama Soukantoku ke teman baik ku, Yokoyama Yui. Aku ingin (posisi Soukantoku ini) berakhir dengan ku.

Tapi, dengan grup besar yang dipenuhi gadis-gadis seperti ini, merasa terganggu dengan percakapan, tidak mampu berkonsentrasi, tidak dapat tetap dikumpulkan, ada banyak saat-saat seperti itu. Di saat seperti itu, aku pikir masih dibutuhkan seseorang dalam group untuk berbicara kata-kata seperti, “Ayo, mari kita lakukan ini”.

Bisakah Yokoyama datang ke sini? (Yokoyama Yui berdiri di samping Takahashi Minami). Bagi ku, dia (Yokoyama Yui) adalah junior yang luar biasa. Dia benar-benar seseorang yang sungguh-sungguh tetapi sesekali canggung, dia bekerja sangat keras dengan upaya maksimal. Mimpinya sama dengan ku juga, debut solo.

Dengan menyerahkan posisi soukantoku ini kepadanya, mungkin membuat mimpi miliknya lebih jauh dari pada sekarang, jadi aku merasa benar-benar tidak enak, tapi aku pikir dia perlu dorongan. Sounkantoku berarti menderita. Tetapi pada saat yang sama, akan ada peningkatan jumlah paparan mata masyarakat dan sekaligus peluang akan meningkat. Dengan ini, aku ingin Yokoyama dapat menganggap ini sebagai kesempatan dan melakukan yang terbaik.

Aku ingin dia melakukan yang terbaik. Untuk itu, dalam 1 tahun depan, aku akan mentransfer tongkat (Soukantoku) ku padanya. Masih banyak hal yang ingin aku tinggalkan untuk dia, untuk semua junior. Jujur, ada begitu banyak dimana aku tidak yakin aku dapat membimbing semua itu dalam 1 tahun.

Meski begitu, dengan waktu yang tersisa, aku akan melakukan yang terbaik untuk melewati itu bersama-sama dengan semua orang. Aku belum memutuskan prospek yang tepat atau rincian tentang kelulusan ku. Aku harap aku dapat memberitahu semua orang dalam beberapa cara atau yang lain ketika aku bisa. Satu-satunya hal yang bisa saya katakan adalah, Ini bukan hal yang menyedihkan.

Maka, dengan cara ku sendiri, aku akan melakukan yang terbaik untuk meneruskan tongkat estafet ke Yokoyama Yui dan member yang tersisa. Bahkan dari sekarang dan seterusnya, silakan lanjutkan dukungan kalian untuk AKB48 Group.

Terkait penunjukan dirinya sebagai general manager AKB48, Yokoyama Yui memberikan komentar melalui akun twitternya, ia mengatakan “Pertunjukan ulang tahun ke-9 AKB48 telah berakhir. Takamina mengumkan kelulusannya yang akan terjadi pada 8 Desember tahun depan, dan menunjuk ku untuk menjadi Soukantoku berikutnya. Banyak hal yang ku pelajari dari para senior, aku ingin terus maju selangkah demi selangkah bersama fans yang mendukung ku. Mohon terus dukungannya!

sumber: nihongogo, todayidol, AKB48 Official Blog