Negara Jepang telah mengumumkan nama era baru mereka, dan negara tersebut akan memasuki era itu dimulai dari bulan Mei nanti. Tapi selain era, baru-baru ini dikabarkan kalau akan ada pergantian lain yang terjadi di negara Jepang, dan perubahan tersebut adalah pada uang mereka. Bukan kursnya atau namanya atau pecahannya, tapi pada gambar dan desain yang tertera pada uang tersebut.

Menteri Keuangan Jepang telah merilis desain baru uang Yen Jepang tersebut pada tanggal 9 April kemarin. Dikatakan kalau desain uang Yen baru ini akan mulai berlaku mulai dari tahun 2024 nanti. Mari kita lihat apa perubahannya;

Uang pecahan 10.000 Yen saat ini bergambarkan pendiri Universitas Keiou yang terkemuka, Fukuzawa Yukichi, yang lumayan erat dengan uang itu sampai kadang 10.000 Yen dipanggil Yukichi. Dan dibelakangnya bergambarkan patung Phoenix Kuil Byoudouin.

Dan pada desain barunya, dipakai dua hal yang lebih erat pada jaman modern Jepang. Yaitu tokoh Shibusawa Eiichi, sang Bapak Kapitalisme Jepang yang memperkenalkan sistem kapitalisme barat kepada Jepang setelah Restorasi Meiji. Dan dibelakangnya adalah gambar bangunan Stasiun Tokyo.

Uang pecahan 5.000 Yen saat ini bergambarkan tokoh seorang penulis wanita Higuchi Ichiyo, dan pada bagian belakangnya bergambarkan beberapa tangkai bunga Iris. Pada desain barunya, masih memakai tokoh wanita penting dan bunga pada bagian belakangnya.

Dan tokoh wanita tersebut adalah Tsuda Umeko, wanita Jepang pertama yang belajar di Amerika, dan berperan besar dalam memberikan pendidikan kepada wanita Jepang. Dan bunga dibelakangnya adalah Wisteria, yang terkenal jadi spot wisata terowongan wisteria di Taman Bunga Ashikaga.

Uang kertas pecahan 1.000 Yen saat ini menampilkan tokoh bakteriologis Jepang Noguchi Hideyo, dan pada bagian belakangnya terdapat dua hal terkenal yang ada di Jepang, yaitu Gunung Fuji dan Pohon Sakura.

Dan pada desain barunya, tokoh tersebut akan diganti oleh seorang bakteriologis Jepang yang lain lagi, ia adalah Kitazato Shibasaburou. Dan belakangnya menggantikan Fuji-san dan Sakura-chan adalah lukisan paling terkenal dari seniman Hokusai, Ombak Kanagawa.

Anehnya, untuk pecahan 2.000 Yen tidak mendapatkan pergantian desain, yang mungkin disebabkan pecahan itu lumayan jarang dipakai. Kemudian selain uang kertas, ada juga perubahan pada pecahan uang koin 500 Yen.

Perubahan pada koin tersebut adalah pada perwarnaannya, yang tadinya hanya berwarna perak, nantinya diganti jadi dua warna, dengan bagian tengah tetap perak tapi pada pinggirannya jadi berwarna kuning.