Dunia film anime terguncang akan fenomena seri Kimetsu no Yaiba yang memecahkan rekor dimana-mana, apalagi tepat dalam minggu akhir tahun 2020 mereka mengalahkan film legendaris Ghibli Spirited Away dan menjadi film nomor 1 di Jepang. Tapi bahkan kesuksesan tersebut tetap tidak mengalahkan Spirited Away dalam hal Oscar Academy Award, dengan Kimetsu dan film Anime lain gagal masuk nominasi.

Sebelumnya diumumkan dalam list 27 film yang masuk konsiderasi untuk mendapatkan nominasi dalam penghargaan Oscar Academy Award ke-93 untuk penghargaan Best Animated Feature ada sampai enam film anime yang masuk.

Film Kimetsu no Yaiba Mugen Train menjadi salah satunya, dan ada juga film studio Ghibli terbaru yaitu Earwig and the Witch, yang menarik karena itu adalah film 3D CG pertama studio itu, yang disutradai Miyazaki Goro, putra dari Hayao.

Lalu ada film anime Netflix berjudul Nakitai Watashi wa Neko wo Kaburu atau dilokalisasikan diluar sebagai A Whisker Away yang dibuat oleh studio Colorido dan disutradai Sato Junichi. Dan ada film anime indie berjudul ON-GAKU yang disutradai oleh Iwaisawa Kenji.

Kemudian ada film anime Kimi to Nami ni Noretara atau Ride Your Wave yang disutradai Yuasa Masaaki dan diproduksi studio miliknya, Science Saru. Dan terakhir adalah anime 3DCG Lupin III The First, dari sutradara yang sama dengan seri film 3DCG animanga klasik lain Doraemon Stand By Me, Yamazaki Takashi, walau dibuat di studio yang beda, yaitu Marza Animation dan TMS.

Akan tetapi seperti yang dikatakan diawal, semua anime-anime kece tersebut gagal masuk dalam list nominasi Oscar Academy Award untuk Best Animated Feature. Menjadikan anime Spirited Away dari studio Ghibli masih menjadi satu-satunya anime yang dalam sejarah memenangkan penghargaan Oscar Best Animated Feature.

Untuk film animasi yang masuk dalam list, diumumkan kalau mereka adalah; Onward dan Soul dari studio Pixar, Shaun the Sheep Movie: Farmageddon dari Aardman Animation, Wolfwalkers dari Cartoon Saloon dan Melusine Production, dan terakhir adalah Over the Moon dari Pearl Studio, Netflix, dan Sony Pictures.