Negara Jepang terkenal memakai antropomorfisme alias mengubah sesuatu yang bukan manusia baik itu organisme hidup ataupun benda mati jadi berwujud manusia. Banyak contoh akan hal itu; Kantai Collection pada kapal, Touken Ranbu pada pedang, Hataraku Saibou pada sel tubuh, dan lain-lain lagi. Hal itu juga terjadi pada topik satu ini, tapi menariknya yang melakukannya bukanlah negara Jepang melainkan Taiwan.

Spesifiknya, yang melakukannya adalah Taiwan Centers for Disease Control atau disingkat jadi Taiwan CDC, dimana sejak 2018 mereka mengangat berbagai artist dan ilustrator untuk mendesain karakter ala animanga berdasarkan penyakit-penyakit, sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit dan kesehatan.

Penyakit dari batuk-batuk, sipilis, herpes, dan tentunya yang sedang merajalela saat ini, virus Covid-19, yang digambarkan terlihat seperti karakter bishie yang androgynus, dan dengan suasana background yang sci-fi dan dengan beberapa tangan robot pada bagian belakang kursinya.

Chiyou sang artist yang mendesain karakter Covid-19 mengatakan kalau desain itu membuatnya seperti hacker, melambangkan bagaimana virus covid-19 bisa masuk tanpa disadari ke berbagai negara. Bahkan beberapa fitur original virus itu juga bisa terlihat, seperti pada mahkota emasnya dan bentuk beberapa tangan robot belakangnya.

Walau mereka penyakit yang berbahaya dan menakutkan, tapi wujud manusia penyakit tersebut digambarkan terlihat memikat dan stylish malah, dari yang tampan sampai cantik jelita, dan kece dengan background dan tampilan yang penuh warna yang membuat ilustrasi itu terlihat seperti cover lukisan untuk majalah fashion.

Tampilan tersebut memang sangat pas untuk menarik perhatian mengingat tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran kepada masyarakat akan penyakit tersebut. Dan hal itu ditambahkan lagi dengan Taiwan CDC juga merilis gambar-gambar indah tersebut sebagai kalender, dan bahkan kadang merilis foto cosplayer yang cosplay para karakter tersebut.

Dan hal ini juga mendidik karena para karakter penyakit tersebut juga diberikan profil yang sekaligus memberikan sedikit penjelasan dan trivia akan penyakit originalnya. Bagi yang minat, sampai saat ini telah dibuat dua puluhan ilustrasi tersebut, dan beberapa fan translation akan profilnya dapat ditemukan Disini.