Sudah ada beberapa kabar pemecahan rekor dunia Guinness dari Jepang, dan seringnya dari dunia game. Dari game Final Fantasy XIV menjadi game dengan jumlah BGM terbanyak, sampai Mobage Schoolgirl Striker memiliki jumlah kostum karakter terbanyak. Dan baru-baru ini muncul kabar macam itu lagi, dengan perusahaan Taito meraih rekor Guinness dengan memiliki mainan Crane Game terbanyak dalam sebuah toko.

Bagi yang mungkin tak kenal, Taito Corporation adalah salah satu nama klasik dalam dunia game Jepang, walau menariknya mereka tak berawal sebagai perusahaan game, dengan mereka berkecimpung dalam bisnis ekspor impor vodka dan vending machine.

Mereka kemudian mulai berubah haluan ke game dengan membuat game arcade, dan menjadi nama besar dunia gaming dengan membuat salah satu arcade game paling dikenang sepanjang masa, Space Invader, dan memulai Masa Jaya Arcade Gaming.

Dan sekalian ke topik utama, crane game adalah salah satu contoh dari arcade game. Mina-san pasti sudah kenal “game” tersebut. Permainan ambil hadiah yang dapat dipilih dalam sebuah kotak kaca dengan crane listrik. Disini biasanya mainan itu berhadiah boneka-boneka, tapi di Jepang hadiahnya bisa lebih beragam dan mantap, seperti anime figurine atau eletronik.

Popularitas crane game di Jepang begitu besar, dengan mesin tersebut juga suka hadir dalam berbagai animanga, dan juga video game seperti Yakuza dimana mesin itu bisa dimainkan sebagai mini game. Dan penggemar crane game bisa sangat gembira jika mereka mengunjung Taito Station  Fuchu Kururu Shop.

Karena tempat itu tak hanya memiliki puluhan crane game, tapi sampai ratusan! Dengan jumlah total 254 crane game, Taito Station Fuchu Kururu Shop berhasil memecahkan rekor dunia Guinness, yang dirayakan pada Grand Opening toko tersebut tanggal 29 Agustus kemarin.

Toko tersebut tadinya bekas toko mainan yang menjual barang-barang berukuran besar, membuat tanahnya juga seluas lebih dari 1.800 meter persegi, dan kini jadi dipenuhi crane game. Dan tentu jumlah itu tak berarti isinya monoton, karena isi hadiahnya juga sangat beragam, dengan tak hanya mainan tapi bisa juga makanan macam instant ramen!