Kadang sebuah anime mendapatkan reboot atau remake, apalagi jika itu seri yang populer. Seperti FullMetal Alchemist, Hunter X Hunter, Digimon Adventure, Fruits Basket, dan Shaman King. Dan bicara soal Shaman King, pengumuman staff anime baru itu memperlihatkan kalau sutradaranya berbeda dengan versi lamanya, dan baru-baru ini sang sutradara dari Shaman King lama memberi komentar akan anime yang kini tak melibatkannya itu.

Shaman King adalah manga buatan Takei Hiroyuki yang diserialisasikan dalam majalah manga Shonen JUMP. Manga tersebut awalnya berakhir pada tahun 2004 tanpa memiliki ending. Tapi berkat Takei yang tak menyerah seri itu tetap dapat ending, yang dirilis pada versi KanZenBan, yang merupakan reprint dari manga tersebut.

Manga tersebut juga dapat adaptasi anime tahun 2001 lalu, yang juga sempat tayang di Indonesia. Karena manga originalnya saat itu masih jalan, wajar anime itu jadi tidak mengadaptasi semua materinya, dan hasilnya jadi membuat alur cerita tersendiri yang tak ada di manga.

Dan anime tersebut, disutradai oleh veteran industri anime, Mizushima Seiji, yang baru-baru ini mengkomentari projek anime Shaman King baru. Komentarnya yang pertama dilirik netizen adalah penjelasan kenapa setengah jalan cerita anime lamanya tak mengikuti manga originalnya.

Mizushima mengatakan kalau itu bukan kemauan dia, melainkan request dari Shueisha sang penerbit manga Shaman King. Ia juga mengatakan kalau hal serupa terjadi pada anime besar lain yang disutradainya, yaitu anime FullMetal Alchemist pertama.

Mizushima juga memberikan beberapa perkataan positif akan anime Shaman King baru ini. Ia mengatakan kalau meskipun tidak terlibat lagi, ia menantikan anime yang kali ini disutradai Furuta Jouji tersebut, dan karena ia ingin melihat tampilannya dengan perkembangan teknologi animasi masa kini sambil mengikuti suasana kisah originalnya.

Ia juga mengatakan rasanya akan keren jika anime itu ditangani sutradara anime veteran, tapi ia juga suka ide staff baru tapi dengan tim suara lama yang terhubung dengan anime sebelumnya. Dan walau tak ada konfirmasi, Mizushima juga mengatakan mungkin anime ini akan mengadaptasi semua cerita manga Shaman King. Semoga seperti itu ya pak 😉