Minggu ini bulan September akan berakhir dan Fall Season anime kan dimulai dibulan Oktober nanti. Tapi muncul beberapa kabar mengejutkan yang tak begitu bisa dibilang membahagiakan. Seperti wafatnya seorang mangaka. Dan kabar yang satu ini, yang sepertinya paling besar dalam komunitas anime di internet. Sutradara & Studio Anime Kemono Friends “Dilepas” dan internet gempar.

Kemono Friends memang sudah jadi nama yang sangat besar dalam dunia anime. Agak mengejutkan padahal seri tersebut berasal dari sebuah game smartphone yang tak banyak diketahui orang. Tapi kemudian animenya tayang, dan dari situlah popularitasnya terus meleduk. Sampai seri itu mendapatkan berbagai macam fans. Mulai dari gitaris terkenal, sampai seekor penguin.

Kemono Friends

Wajar saja kalau muncul kabar seperti ini, internet jadi penuh aksi. Segempar apakah internet akan Kemono Friends? Kabar pemecatan sang sutradara TATSUKI sempat masuk Top kabar paling trending di Twitter. Dan ini bukan skala negara Jepang saja, tapi sampai skala internasional.

Ini terlihat dengan reaksi berbagai nama besar dari industri anime akan berita itu. Ada Watari Wataru, pembuat seri Oreshura. Dan juga Girlish Number, seri fiksi yang mengisahkan sisi gelap industri anime. Watari sensei terkejut kalau kisah fiksinya akan kegelapan industri itu terlihat nyata melalui kabar ini, membuatnya berpikir ini lebih menakutkan lagi Karena ini nyata.

Orang-orang yang setim dengan TATSUKI juga bereaksi. Seperti Miyuhan, seiyuu dari karakter Suna Neko atau Sand Cat dalam anime Kemono Friends. Dan Oishi Masayoshi, penyanyi lagu OP Nozaki-kun dan komposer anime Kemono Friends.

Dan tentu Indonesia juga bisa ikut. Komikus Ghosty telah membuat komik akan kabar ini, membandingkan TATSUKI dengan Kojima yang dipecat Konami. Kali ini, dengan Kadokawa dalam posisi Konami, yang dikabarkan melepas TATSUKI dari projek Kemono Friends.

Dan bicara soal Kadokawa, merekalah yang saat ini sedang sibuk menangani reaksi ini. Contohnya; Episode Kemono Friends yang tayang dalam website Nico Nico Douga kebanjiran komen dan amarah fans dengan tulisan Kadokawa dalam warna merah dengan banyak tanda seru.

Dan yang lebih besar lagi, saham perusahaan raksasa itu sempat turun drastis. Sesuatu yang membuat Kadokawa perlu beraksi cepat menanganinya. Yang sepertinya terlihat dengan berita pemecatan TATSUKI yang secara misterius hilang dari halaman depan website Nico Nico News kemarin.

Ini sesuatu yang mungkin memang ada sangkut pautnya dengan Kadokawa. Mengingat kalau website Nico Nico News memang dimiliki oleh Kadokawa melalui Dwango. Dimana Kadokawa telah bergabung dengan perusahaan itu menjadi Kadokawa Dwango.

before
after

Dan ini menjadi lebih panjang lagi dengan kabar kalau bahkan Kawakami Nobuo, presiden perusahaan Kadokawa Dwango dan chairperson dari Dwango, telah mengutarakan kekhawatirannya akan seluruh peristiwa ini.

Kawakami tahu betapa kerasnya usaha yang dituangkan TATSUKI ke anime Kemono Friends. Ia juga mengatakan sedang ada diskusi dalam perusahaan Kadokawa dan juga Dwango akan hal ini. Tapi Kawakami juga tak bisa berkata lebih karena ia sendiri belum memahami keseluruhan situasinya.

Belum diketahui bagaimana hasilnya, tapi sepertinya fans Kemono Friends kan mengeluarkan lebih banyak air mata lagi. Karena dalam kabar terbaru, telah diumumkan kalau bahkan studio anime Kemono Friends, Yaoyorozu juga mundur dari projek anime tersebut. Yang telah diumumkan dalam website anime Kemono Friends.

Dikatakan kalau studio itu mundur karena tak dapat menerima proposal baru dalam sistem pengerjaan projek berikutnya. Proposal itu adalah untuk saling memberitahukan informasi dengan cara normal untuk kedepannya.

Pembuatan proposal itu sendiri terjadi karena dikatakan kalau studio Yaoyorozu mengerjakan projek lain tanpa memberikan info pada channel yang sesuai. Dan karena hal itu, diumumkan juga kalau sekarang perencanaan dan pelaksanaan projek Kemono Friends berikutnya terpaksa dibuat lagi dari nol.

Sungguh tak disangka.. Anime yang terlihat sederhana itu bisa menghasilkan situasi sepanjang ini ya mina-san 🙁 apakah disini ada yang fans Kemono Friends? Bagaimana kalau menurut pendapat kalian akan kabar dan situasi seri ini?