Kini tak hanya ada satu Gundam berskala 1:1 yang berdiri dalam dunia nyata, dengan setelah Odaiba dibangun juga Gundam raksasa di Yokohama. Dan setelah itu didirikan Gundam raksasa pertama diluar Jepang yang terletak di Shanghai, China. Dan bicara soal Gundam Shanghai tersebut, baru-baru ini diberi kabar menarik dimana sutradara dari anime Gundam SEED akan membuat video anime spesial akan Gundam tersebut.

Mobile Suit Gundam SEED adalah seri anime Gundam yang tayang dalam tahun 2002-2003. Seri tersebut kadang dilihat oleh fans sebagai modernisasi dari anime Gundam pertama karena perkembangan ceritanya yang serupa pada bagian awal, tapi kemudian menjadi sesuatu yang juga original dari pertengahan sampai akhir ceritanya.

Bersetting pada dunia jaman Cosmic Era dimana terjadi konflik antara Aliansi Bumi dan organisasi militer ZAFT yang diiringi konflik rasisme antara Natural sang ras manusia biasa yang tinggal di Bumi dan Coordinator sang ras manusia dengan genetik yang dimodifikasi dan tinggal pada koloni diluar angkasa yang ingin kemerdekaan.

Bagi fans yang ingin menonton anime tersebut, channel Youtube Gundam Info saat ini masih menayangkan versi HD Remastered dari anime itu, dan juga seri sequelnya, Gundam SEED Destiny, dengan pilihan sub bahasa Inggris, Korea, dan China.

Dan sekalian balik pada topik utama, baru-baru ini website Gundam Info memberikan kabar kalau sang sutradara dari anime Mobile Suit Gundam SEED, Fukuda Mitsuo, akan membuat video anime spesial dari patung Gundam yang berdiri di Shanghai sebagai bagian dari documentary pembuatan patung Gundam tersebut.

Sesuatu yang sangat cocok karena Gundam yang berdiri disitu adalah Freedom Gundam, mecha Gundam kedua dan ikonik yang dinaiki oleh Kira Yamato sang protagonis anime Gundam SEED yang menggantikan Strike Gundam.

Patung Freedom Gundam Shanghai setinggi 18 meter tersebut adalah patung Gundam skala 1:1 pertama yang dibangun diluar Jepang, dan saat ini berdiri depan Mitsui Shopping Park LaLaport Jinqiao dimana pembangunannya baru selesai beberapa minggu lalu, akan tetapi baru akan diresmikan minggu ini pada tanggal 28 Mei.