Aah Sushi, hidangan Jepang yang paling dikenal selain Ramen. Hugh Jackman saja juga memakannya saat ia ke Jepang. Diluar Jepang, Sushi memiliki harga yang lumayan terjangkau, dan semakin mudah untuk ditemukan. Tapi di Jepang, harganya lebih mahal, walau itu diimbangi dengan kualitas yang lebih tinggi dibanding sushi luar Jepang. Tapi tetap saja warga Jepang menyukai hidangan tersebut. Tapi apa saja sushi favorit warga Jepang itu sendiri? Yuk kita cek πŸ˜‰

Btw, ada berbagai jenis sushi seperti Makizushi atau Chirashizushi, tapi untuk ini, yang jadi fokus adalah bahan apa yang paling disukai untuk disantap, bukan jenis pembuatannya. Dan ini dibuat dalam bentuk list Top 9 sushi favorit dari website polling Minna no Koe, dengan jumlah responden sebanyak 8.273 orang. Mari kita cek sushi bahan apa saja itu yang paling disukai oleh orang Jepang;

9 – Awabi, dengan 205 vote

Sushi bahan ini mungkin agak jarang terlihat, karena bahannya adalah Abalon. Hewan tersebut lumayan banyak dibudidayakan di Jepang, tapi harganya bisa lumayan mahal karena hewan tersebut terkenal juga akan khasiatnya.

 

8 – Unagi, dengan 223 vote

Kalau nama ini mungkin lebih umum didengar dibanding Awabi ya πŸ˜€ yaitu ikan belut. Walau biasanya dimakan dalam bentuk nasi bento, bisa juga dihidangkan dalam bentuk sushi, walau daging untuk keduanya disiapkan dengan cara/bumbu yang hampir sama.

 

7 – Shime Saba, dengan 330 vote

Yang ini adalah variasi dari Saba sushi atau sushi berbahan ikan Mackerel. Shime disini maksudnya adalah daging mackerel yang telah diberikan cuka garam, untuk memberikan sedikit rasa asin asam yang dapat menggelitik lidah.

 

6 – Aji, dengan 436 vote

Bukan Ajin ya πŸ˜€ yang ini mungkin tak begitu umum, dan bentuknya juga bisa bikin keliru dengan Saba sushi. Karena keduanya bisa masuk kategori yang sama, Hikarimono, atau sushi berbahan ikan kulit perak. Tapi ini ikan Saurel bukan ikan Mackerel. Kayak pindang ya, tapi ini salah satuΒ sushi favorit mimin juga lho.

 

5 – Ika, dengan 470 vote

Gesooo~ berikutnya adalah hewan yang umum dipakai disini dalam berbagai hidangan seafood, apalagi kalau digoreng jadi calamari. Mungkin mina-san sudah tahu binatang apa itu berkat anime Ika-Musume πŸ˜€ yaitu cumi-cumi.

sushi favorit

 

4 – Mushi Ebi, dengan 476 vote

Mushi? Serangga?? Iih kimochiwaruiii! Weits, tunggu dulu, ternyata bukan loh πŸ˜€ memang kata itu terasa sama dengan kata mushi/serangga, tapi mushi disini memiliki kanji yang berbeda, yang artinya adalah kukus. Jadi ini adalah sushi udang kukus. Ini juga salah satuΒ sushi favorit mimin sih. πŸ˜€

 

3 – Uni, dengan 788 vote

Kemudian kita memasuki list Top 3. Kalau yang ini mungkin agak umum didengar, walau biasanya hanya dihidangkan di restoran sushi besar, karena memang harganya bisa mahal, yaitu hewan Landak Laut atau Sea Urchin. Bentuknya terlihat tak begitu enak, tapi jangan hanya dilihat dari bentuk πŸ˜‰ karena seperti yang terlihat, sushi ini memasuki list Top 3 favorit orang Jepang.

 

2 – Salmon, dengan 1.476 vote

Naaah kalau yang ini sih pasti sudah banyak yang tahu. Tak hanya enak dimasak, tapi secara mentah dalam bentuk Sashimi dan juga Sushi juga tetap enak disantap. Bisa dibilang jenis sushi yang paling umum, mau itu restoran sushi sebesar apapun, ini jadi sushi yang sudah hampir bisa dipastikan ada di menu. Tapi ternyata meskipun begitu, ada ikan yang bisa mengalahkan ketenaran sushi ikan salmon, dan ikan tersebut adalah..

 

1 – ChuuToro, dengan 1876 vote

Dan menempati posisi nomor 1 adalah Toro atau ikan Tuna. Atau lebih spesifiknya, jenis yang menjadi nomor satu ini adalah ChuuToro. Kalau disini, biasanya ada tipe Toro yang biasa dan Otoro yang lebih mahal dan banyak lemaknya. ChuuToro, sesuai dengan kanji Chuu yang berarti tengah, adalah sushi tuna diantara kedua tipe itu. Jenis ini juga rival Salmon di list ini dari segi umur, Salmon paling populer dikalangan umur belasan-30an, tapi jenis ini yang paling populer dikalangan umur 40-60an.

Haduuuh jadi laper niiih πŸ˜€ sabar ya mina-san yang puasa. LiburanΒ Lebaran sebentar lagi! Setelah itu puasa selesai, dan bisa puas-puasin makan-makan apapun deh πŸ˜‰ nanti makan sushi yuk setelah makan ketupat πŸ˜€