Tahun lalu, ada sebuah survey bertema suami idaman yang melibatkan para wanita sebagai responden utama. Dalam survey itu dikatakan kalau wanita jepang mematok kriteria pegawai negeri dan pegawai perusahaan besar sebagai calon suami mereka. Nah, tahun ini juga ada survey serupa. Namun point utamanya lebih kearah pendapatan ideal suami menurut wanita jepang.

Baca Juga: Ini Sosok Yang Dianggap Sebagai Tsubasa Di Dunia Nyata Zaman Now

Sunmarie, sebuah perusahaan perjodohan jepang kemarin menggelar survey cukup menarik. Mereka mencari tahu apa sih yang dicari orang lajang pada calon pasangannya. Nah untuk itu, salah satu pertanyaan yang diajukan adalah:

“berapa sih pendapatan ideal suami atau istri yang kalian harapkan saat sudah menikah?”

Lebih dari 50% dari responden wanita dengan umur 20 – 40 tahun berharap pendapatan ideal suami masa depannya sekitar 4 juta yen (Rp. 509.000.000,-) pertahun. Jawaban ini ternyata lebih rendah dari patokan mereka tahun lalu lho. Karena tahun 2017 kemarin, wanita jepang masih menuntut sekitar 7 juta yen atau hampir satu milyar pertahun.

Sementara itu jawaban para laki-laki jepang lebih mencengangkan. 43% diantara mereka menjawab “tidak keberatan berapapun pendapatan istri bahkan bila tidak bekerja juga tidak apa-apa.” Jawaban paling banyak lainnya adalah 3 juta yen (32%), 4 juta yen (14%) dan 5 juta yen (4%). Jadi kelihatan kan… kenapa cowok jepang itu kebanyakan sangat bertanggung jawab. Ya karena kesadaran diri mereka sebagai peran suami sangat tinggi. 😀

Baca Juga: 

Yah meskipun cuman survey yang dilakukan oleh satu perusahaan doang. Tapi setidaknya cukup lah untuk melihat dan menentukan pilihan. Akiba-chan dan Akiba-kei yang pengen nikah sama orang jepang jadi nggak perlu takut dituntut musti kaya. Mah yang penting setia dan saling mendukung satu sama lain. Bener nggak?

Tapi memang menurut Sunmarie, memasuki tahun 2018 sudah banyak perubahan antara calon pengantin di jepang. Mereka sudah mulai closing gap, dan tidak banyak menuntut. Hehe. Bisa jadi kabar baik nih.