Orang Jepang terkenal hidup panjang umur, dan beberapa juga sudah memecah rekor. Sampai Universitas Hanazono mau memberi diskon 100% uang kuliah bagi mereka yang umur 100 tahun yang mau belajar disitu. Akan tetapi apa pendapat warga Jepang sendiri akan panjang umur ini? Sebuah survey untuk warga Jepang dari kalangan muda hingga paruh baya menanyakannya, dan memberi hasil yang menarik walau agak suram.

Survey ini dibuat untuk memperingati Keirou no Hi atau Hari Penghormatan Orang Lanjut Usia yang terjadi setiap hari Senin pada minggu ke-3 pada bulan September. Hari tersebut adalah hari libur yang digunakan untuk mencintai orang lanjut usia atas jasa mereka berikan pada masyarakat selama bertahun-tahun hidup dan untuk merayakan panjang umur.

Dalam survey ini penyedia asuransi MetLife memberikan pertanyaan kepada 14.100 orang diantara umur 20 sampai 79 tahun. Diantaranya yang ditanyakan adalah, apakah mereka berminat untuk hidup panjang umur?

Dalam pertanyaan tersebut, 29 persen menjawab Tak Terlalu Minat Hidup Panjang dan 41 persen Tidak Berminat Hidup Panjang. Dengan yang paling tidak berminat berasal dari kalangan umur 50an tahun dengan jumlah 48 persen.

Kemudian ditanyakan juga rasa Kekhawatiran Akan Hidup Diumur Tua. Hasilnya, 82 persen mengatakan khawatir, dengan yang paling besar berasal dari kalangan umur 40an tahun dengan jumlah 88 persen.

panjang umur

Menariknya, mereka yang dari kalangan 60-70 tahun adalah yang memiliki persentase paling rendah dalam pertanyaan-pertanyaan tersebut. Mungkin karena mereka memang sudah tua atau sedikiit lagi jadi tua, sehingga mereka tak terlalu mengkhawatirkannya dan menikmati hidupnya sehari-hari.

Yang menarik lagi adalah pertanyaan yang dijawab oleh mereka dari kalangan 20an tahun. Dalam survey ini ditanyakan juga Mau Hidup Sampai Umur Berapa? Dengan para pria dari kalangan 20 tahun mengatakan mereka ingin hidup sampai 79 tahun, sedangkan untuk wanita mereka ingin sampai 76 tahun.

Memang angka itu lumayan tua, tapi angka tersebut sebenarnya dibawah umur hidup rata-rata orang Jepang saat ini, dengan rata-rata untuk pria Jepang adalah 81 tahun dan untuk wanita adalah 87 tahun. Jadi mereka memang setidaknya ada minat untuk hidup lama, tapi juga tak mau hidup sampai sepanjang umur rata-rata Jepang saat ini, apalagi untuk para wanita muda Jepang sekarang.

Comments