Natal menjadi salah satu moment yang penting bagi sebagian masyarakat. Tak hanya untuk umat yang merayakan, liburan di hari natal juga sering dimanfaatkan muda mudi untuk hangout bareng pasangan. Menikmati secangkir cokelat panas nan romantis misalnya. Dan, hal tersebut juga berlaku di negeri matahari terbit. Meskipun para penduduknya mayoritas beragama Shinto, moment natal ternyata tetap menjadi salah satu hari romantic yang paling dinanti terutama bagi para wanita jepang.

Mendekati perayaan natal, sebuah situs jepang bernama wedding park beberapa hari yang lalu membuat survey yang mengejutkan. Karena hari natal identik dengan couple, wedding park membuat survey bertema undangan kencan yang ditujukan pada wanita jepang saat malam natal. Responden merupakan wanita berumur 20 sampai 39 tahun. Dalam survey tersebut para responden ditanya “Apakah Kalian Akan Menerima Undangan Kencan Hanya Untuk Saat Malam Natal Meskipun Dari Orang Yang Belum Dikenal?”. Lebih rinci, surveyor menjelaskan bahwa undangan ini termasuk kencan sesaat alias kencan satu malam hanya untuk moment seistimewa natal. Mereka menyebut survey ini dengan “Christmas Eve-only boyfriend”. Tapi konteksnya, jika memang cocok, setelah natal mereka bisa lanjut ke hubungan lebih serius seperti jadian.

Hasil dari survey tesebut cukup mengejutkan. Dari sekitar tiga ratus responden, hampir 50% menjawab mereka TIDAK KEBERATAN dengan undangan kencan hanya di hari natal. Hal ini bukan berarti wanita jepang murahan dan mau kencan dengan siapa saja lho ya. Karena, sebagian besar responden yang meng-iya-kan memang sedang jomblo dan mengakui belum memiliki rencana akan pergi kemana disaat malam natal. Ditambah lagi, konteks kencan ini hanya bersifat kencan umum ya Akiba-chan dan Akiba-kei,.. seperti pergi makan malam, nonton film, jalan-jalan dan berfoto bersama. Beberapa diantara responden juga menambahkan pernyataan positif.

“Anggap saja perkenalan pertama, siapa tahu bisa lebih serius setelah kencan natal.” ujar seorang responden berumur 20-an.

“Ide bagus kan. Jika kita berbagi memori romantis, have fun bersama dan cocok, kenapa nggak?” tambah responden berumur lebih tua.

Namun, meskipun banyak wanita jepang yang akan menerima Christmas Eve-only Boyfriend, banyak juga yang merasa keberatan dan memilih untuk mnolak udangan semacam itu. Kebanyakan dari mereka adalah wanita-wanita yang telah memiliki pasangan atau memang lebih suka pergi bersama teman baiknya.

“Nggak, agak aneh kan? Aku sih mending hangout bareng teman.” Kilah mereka.

Wahwah, berarti banyak cewek disana yang udah nggak jomblo yaa. Hiks. Kalau akiba-chan gimana? Mau terima tidak misalkan ada yang ngajak kencan pas natal? 😀

Wanita Jepang