Ada berbagai hal yang sudah erat menjadi bagian dari kebudayaan Jepang yang tradisional. Contohnya seperti onsen atau katana. Tapi seiring perkembangan jaman, ada kalanya hal-hal yang tradisional tersebut bisa menjadi semakin ditinggalkan dijaman modern ini. Baru-baru ini, ada satu item tradisional Jepang yang menurut survey terlihat akan menjadi seperti itu, karena dikatakan kalau di Jepang, Kotatsu menurun kepopulerannya.

Tapi apa itu Kotatsu? Mungkin ada yang belum mengetahuinya, atau ada yang sering melihatnya tapi tak tahu kalau itu kotatsu, karena memang itu adalah barang tradisional yang sering sekali muncul di berbagai animanga dan game.

Kotatsu adalah meja rendah yang diselimuti futon atau selimut tebal, yang dipakai untuk menghangatkan kaki dan badan. Dulu dibawah meja dipasang arang sebagai penghangat, tapi jaman modern ini dipasang mesin heater kecil.

Ini adalah sesuatu yang sangat bagus dipakai saat akhir tahun di Jepang dengan datangnya musim gugur dan musim dingin. Tapi menurut survey yang dilakukan oleh website WeatherNews, ditemukan kalau ternyata saat ini, ada lebih banyak rumah di Jepang yang tidak memiliki Kotatsu daripada yang memilikinya.

Menurut survey, ditemukan kalau 52% responden mengatakan Tidak memiliki, dengan 48% Memilikinya. Memang perbedaannya hanya sedikit, tapi tetap agak mengejutkan mendengar kalau yang memiliki kotatsu lebih sedikit.

Padahal benda itu sangat sering terlihat dalam berbagai seri anime dan manga, apalagi jika dalam ceritanya itu sedang melewati musim gugur dan atau musim dingin. Bahkan di seri KonoSuba yang fantasi saja ada 😀

https://www.youtube.com/watch?v=VBNj76z4_00

Tapi walau keseluruhan banyak yang tak memasangnya, setiap daerah ada perbedaannya sendiri-sendiri. Menurut survey lanjutan, dihitung data tersebut dalam setiap prefektur di Jepang. Diperlihatkan Top 5 prefektur yang terbanyak memiliki benda ini dan yang paling sedikit.

Untuk yang Top 5 terbanyak, ada di Prefektur Yamanashi, Fukushima, Nagano, Gunma, dan Yamagata, dengan lebih dari 70%an responden masih memilikinya disitu. Untuk Top 5 paling sedikit, ada di Prefektur Kouchi, Kanagawa, Tokyo, Okinawa, dan Hokkaido.

Okinawa sih tak begitu mengherankan karena cuaca disitu lebih tropikal dibanding daerah lain di Jepang. Tapi yang sedikit mengejutkan mungkin di Hokkaido. Daerah itu terkenal sebagai salah satu tempat terdingin di Jepang. Tapi justru Kotatsunya paling sedikit menurut survey.

Tapi ada penjelasannya. Justru karena suhu yang dingin tersebut, setiap rumah di Hokkaido sudah pasti dipasang mesin penghangat central heater, jadi hampir tak perlu memasang kotatsu lagi sebagai penghangat.