Dengan semakin besarnya keberadaan anime dijaman modern ini, lagu anime atau anisong juga semakin banyak dikenal. Dan hal tersebut bisa membuat hal yang menarik, seperti mempersatukan orang-orang dari negara berbeda. Dengan hal seperti itu, mungkin tak mengherankan untuk membuat anisong menjadi lagu kebangsaan Jepang. Tapi diantara banyaknya lagu-lagu anime di Jepang, manakah yang cocok dijadikan anisong kebangsaan Jepang?

Pertanyaan tersebut diberikan dalam survey yang dibuat oleh website Anime!Anime! Yang lumayan bertepatan juga dengan perayaan Hari Lagu Kebangsaan Jepang, Kimi ga Yo, yang terjadi tanggal 12 Agustus kemarin.

Responden yang mengikuti survey ini terdiri dari 41 persen pria dan 59 persen wanita, dengan 63 persen adalah mereka dari kalangan umur 19 tahun kebawah dan lebih dari 20 persen kalangan diatas umur dua puluhan.

Dan memang ada banyak sekali anisong yang masuk, dari yang klasik macam opening Anpanman sampai yang populer belakangan ini seperti opening Kemono Friends. Mayoritas berada pada posisi ranking seri. Tapi yang tak seri adalah mereka yang ada pada posisi Top 3. Mari kita lihat dan dengarkan lagu apa saja itu;

 

3- Zankoku no Tenshi no Thesis

Lagu klasik bagi fans genre mecha anime, dari anime yang legendaris dengan sutradara yang juga legendaris. Lagu opening Neon Genesis Evangelion yang dinyanyikan Takahashi Youko ini memang pas masuk, karena beberapa mengatakan kalau bahkan yang bukan fans anime mengenal lagu ini.

Apalagi memang baru-baru ini telah dirilis MV HD official untuk lagu ini untuk merayakan perilisan double A-side Maxi single Takahashi Youko. Dan baru-baru ini dirilis trailer movie Rebuild of Evangelion terakhir yang akan tayang tahun 2020 nanti.

 

2- Daydream Cafe

Berikutnya adalah lagu opening dari seri animanga extra moe Gochuumon wa Usagi desuka. Agak mengejutkan lagu anime ini bisa masuk pada posisi setinggi ini, apalagi mengingat ada banyaknya anime moe lain yang tak kalah populer di Jepang.

Tapi mungkin bisa juga karena MV dari lagu tersebut berhasil melelehkan hati para responden. Menampilkan tarian yang sangat kawaii dari ketiga karakter loli Gochuumon, dimana seiyuu karakter itu juga menyanyikan lagu ini.

 

1- Tori no Uta

Dan pada posisi teratas adalah lagu opening anime klasik AIR yang dinyanyikan oleh penyanyi anisong veteran LIA. Anime yang bisa dibilang pendahulu Clannad, karena memang pembuatnya sama. Dengan karakter moe tapi cerita yang dramanya meremas kokoro dan air mata.

Menurut komen dikatakan kalau lagu tersebut memiliki nada trance yang dapat menaikkan harapan, membuatnya pas sebagai lagu kebangsaan. Memang ada betulnya juga sih 😉 bagaimana menurut mina-san? Apakah mina-san ada lagu anisong pilihan sendiri?