Content provided by Keepo. Pertandingan Piala Dunia 2018 antara Jepang vs Kolombia emang udah berakhir Gaes, tapi ada cerita menarik dari pertandingan tersebut. Selain kemenangan ini dianggap sebagai balas dendam tim SAMURAI BLUE atas kekalahannya dalam edisi Piala Dunia 2014 lalu, sikap supporter jepang pun layak diapresiasi karena berhasil menunjukkan budaya Jepang yang luhur.

Baca Juga: Ini Sosok Yang Dianggap Sebagai Tsubasa Di Dunia Nyata Zaman Now

Ketika itu pertandingan baru selesai. Berbeda dengan penonton lainnya yang langsung meninggalkan stadion, dilansir dalam Daily Mail, supporter Jepang justru kompak mengeluarkan plastik sampah dan membersihkan Stadion Mordovia Arena, di Saransk, dari berbagai jenis sampah.

Aksi mereka pun terekam video dan dengan cepat viral di dunia maya. Kebanyakan netizen memuji aksi penonton Jepang yang sangat tertib dan sangat peduli lingkungan.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Sepak Bola dan Timnas Jepang

Ternyata ini bukan yang pertama kali Gaes!
Aksi simpatik supporter Jepang ini ternyata bukan yang pertama mereka lakukan. Usai bertanding dengan Pantai Gading dalam Piala Dunia 2014 silam di Brazil, mereka pun melakukan aksi serupa, yakni bersih-bersih stadion dari sampah.

Bagi kita atau kebanyakan orang lainnya, mungkin ini terdengar aneh, mengingat pihak pengelola stadion sebenarnya sudah punya tim kebersihan.

Tapi mereka ini Jepang Gaes. Mereka dikenal sebagai orang-orang yang disiplin dan bersih. Nggak heran jika mereka tidak pernah mengandalkan orang lain, dan tidak malu untuk sekedar bersih-bersih. Mereka seolah ingin berkata, kami tertib, kami bersih, dan kami harus kalian tiru!

Kepada BBC, Jurnalis sepakbola, Scott McIntyre, menyebut jika ini bukan hanya bagian dari budaya sepak bola, tapi bagian dari budaya Jepang secara keseluruhan. Sesuai dengan istilah sepak bola merupakan cerminan dari budaya masyarakat”.

Well, kira-kira kapan ya pendukung bola di Indonesia kayak supporter jepang gini, berani bersih-bersih? Ah sudahlah, bisa nonton tanpa ribut-ribut aja udah prestasi banget tuh!

Kalau akiba-chan dan akiba-kei gimana nih? Pasti mimin yakin sudah banyak diantara kalian yang juga punya kebiasaan oke seperti supporter jepang diatas kan ya?

Comments