Seri Superhero asal Amerika Serikat belakangan ini semakin melirik dunia animanga Jepang, yang terlihat dengan Marvel melakukan kerjasama dengan Shonen JUMP dan Ultraman. DC Comic juga tidak kalah, dengan mereka beberapa bulan lalu mengumumkan projek manga yang berdasarkan dua karakter Hero dan Villain populer mereka, Batman dan Joker. Dan kali ini DC melanjutkannya dengan projek manga Superman, tapi dengan konsep yang menarik.

Rasanya mungkin tak ada yang tak tahu akan karakter superhero yang ikonik tersebut. Superman yang memiliki nama asli Kal-el adalah seorang alien dari planet Krypton yang dikirim ke Bumi saat masih bayi oleh ayahnya untuk menghindari kehancuran planet asalnya. Saat tiba disini ia diadopsi oleh keluarga petani Kent dan dibesarkan dengan nama Clark Kent.

Setelah ia menemukan kalau dirinya memiliki kekuatan super, ia kemudian memutuskan untuk memakai kekuatan besarnya ini demi hal baik dengan menyelamatkan dan membantu orang-orang, maka ia menjadi reporter dari koran Daily Planet untuk dapat kabar genting dan menjadi Superman untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

Dan sekalian balik pada kabar utama, karakter itu akan jadi protagonis dari manga yang akan diserialisasikan dalam majalah Evening dari Kodansha. Ini adalah kelanjutan kerjasama antara DC dan Kodansha setelah beberapa bulan lalu mereka membuat manga Batman dan Joker untuk majalah Morning.

Manga tersebut akan digambarkan oleh Kitagou Kai dan dengan cerita yang dibuat oleh penulis dari manga Joker, Miyakawa Satoshi, yang diberi judul SUPERMAN VS Food; Superman no Hitori Meshi, dan akan dirilis minggu depan tanggal 22. Selain pada majalah Morning manga itu juga akan dirilis secara digital pada website Comic Days.

Sesuatu yang menarik adalah genre cerita manga tersebut. Walau Superman terkenal sebagai superhero yang melawan kejahatan penuh aksi, kisah manga ini bukanlah seperti itu. Yang terlihat dari judulnya yang mereferensikan manga klasik Kodoku no Gourmet yang mengisahkan seorang salaryman yang menjelajah Jepang mencicipi makanan tradisional berbagai daerah.

Manga Superman Hitori Meshi ini juga seperti itu, mengisahkan sang superhero dalam waktu luangnya, dimana ia dapat mendengarkan perut keroncong dari orang-orang di negara Jepang saat jam makan siang.