Haii Readers apa kabar?! pastinya baik kan??, ketemu lagi bersama saya si-pembawa sejuta info bermanfaat yang gak bakal bikin harimu membosankan ! dan ga mainstream juga pastinya, oke kali ini saya akan berbgai sedikit informasi tentang grup musik jepang yang sangat fenomenal nih! yak siapa yang gak tau “Supercell” pencinta J-pop, Anime, dan musik rock jepang pasti sudah tidak asing dengan band yang satu ini, salah satunya saya hehehe,  baiklah kita langsung saja kita bahas di bawah!.

Supercell adalah grup musik Jepang yang terdiri dari 11 anggota dipimpin oleh komposer dan penulis lirik Ryo yang terbentuk pada tahun 2007 sebagai grup musik dōjin. Supercell memulai debutnya dengan memanfaatkan vocaloid terkenal Miku Hatsune bernyanyi sebagai vocalnya dan mengsharingkan videonya ke situs Nico Nico Douga. Supercell masuk dalam label Sony Music Entertainment Japan dengan merilis album Supercell pada Maret 2009.
maxresdefault

Sejarah Singkat Terbentuknya Supercell
Jepang memiliki platform berbagi video populernya sendiri, Nico Nico Douga. Seperti di YouTube, Nico Nico Douga pun menjadi sebuah sarana baru bagi musisi-musisi independen di sana untuk memproduksi musiknya sendiri lalu membaginya ke dunia maya. ryo adalah salah satunya. Dengan memanfaatkan software vocaloid populer, Hatsune Miku, ia menciptakan lagu-lagu miliknya sendiri lalu mengunggahnya ke Nico Nico Douga. Ia pun mulai mendapatkan kepopuleran di situs tersebut, lalu dengan saran seorang kenalannya, ia membentuk sebuah ‘band’ bernama supercell.
Karirnya menanjak. Ia lalu dikontrak oleh label besar, Sony Music, dan banyak mengisi musik untuk soundtrack anime. Demi memenuhi ambisinya yang lain, ia lalu membuat EGOIST, sebuah proyek yang awalnya hanya dibuat untuk mengisi soundtrack salah satu anime tapi akhirnya ia teruskan hingga sekarang. Apa bedanya supercell dan EGOIST? Meski saya tidak pernah membaca pengakuannya, tapi ada satu hal yang terasa EGOIST lebih seperti proyek eksperimennya dengan musik-musik yang lebih ‘aneh’ dibandingkan supercell.
Tapi ryo memang terlihat sebagai sosok yang idealis tetapi tak takut untuk melakukan perubahan. Faktanya, ia justru benar-benar terbuka: setelah menggunakan Hatsune Miku untuk album penuh pertama supercell yang self-titled (yang berisi lagu-lagu yang populer di akun Nico Nico Douga-nya), ia mengajak seorang vokalis wanita bernama Nagi Yanagi. Alih-alih membuatnya menjadi seorang vokalis tetap, Nagi hanya disebut sebagai vokalis tamu. Setelah mengeluarkan album kedua, Nagi Yanagi berkarir solo, sementara ryo membuka open casting untuk mencari vokalis tamu berikutnya. Pilihannya jatuh kepada Koeda, seorang gadis yang ketika terpilih masih berusia 15 tahun, dan Chelly. Koeda kemudian menjadi vokalis untuk supercell, sementara Chelly menjadi vokalis tamu untuk EGOIST.

Perubahan vokalis untuk supercell ini membuat musik mereka juga berubah (lagi). Jika album Today Is A Beautiful Day, yang diisi oleh Nagi Yanagi, terdengar begitu pop, maka musik supercell bersama Koeda lebih keras dan kelam. Ciri ini bahkan sudah begitu terlihat sejak single pertama supercell bersama Koeda, My Dearest. Cukup berbeda dengan lagu jagoan supercell ketika bersama Nagi Yanagi, Kimi no Shiranai Monogatari. Dan kedua lagu ini pun terdengar begitu berbeda jika dibandingkan dengan lagu Love Is War, yang menggunakan vocaloid sebagai vokalisnya. Apalagi jika membandingkannya dengan EGOIST, yang sebetulnya lebih mirip dengan lagu-lagunya di era menggunakan Hatsune Miku.

Nagi Yanagi
Nagi Yanagi

koeda                                                                            Koeda
Di situlah letak menariknya. ryo seperti tak ingin terikat dengan satu jenis musik, tak ingin merasa nyaman di satu zona. Dan hebatnya, ia tak pernah berhenti membuat orang tetap menyukai karya-karyanya, meski terdengar janggal sekalipun karena terdengar kurang familiar. Jika Anda mendengar single terbaru dari album penuh ketiga supercell, yang berjudul No.525300887039 sementara albumnya berjudul ZIGAEXPERIENTIA,  lebih kelam dari single-single lainnya, bahkan di era bersama Koeda sekalipun. Tapi ia tetap mampu membuat kita tertarik untuk mendengarkannya.
maxresdefault
Kalau kita membahas tentang band yang satu ini memang gak ada habisnya, selain menghasilkan musik-musik dengan genre Anime yang sangat indah dan berbeda dengan genre-genre musik lain band ini juga menjadi salah satu band terfavorit di Jepang.
Penasaran dengan mereka? nihh saya kasih beberapa cuplikan video mereka yang di unggah di youtube atau Nico-nico.

Gimana nih, keren kan…???!!!! pastinya dong!.