Jepang dan Amerika memiliki ikatan yang lumayan unik dijaman modern ini. Tak hanya dari segi ekonomi dan politik tapi juga dari segi teknologi dan budaya. Kita telah melihat mereka bersiap untuk saling bersaing dalam teknologi Mecha. Kadang juga bekerja sama dalam membuat anime. Dan sekarang ada kabar unik lagi dalam hal ikatan budaya Jepang dan Amerika dalam bentuk Super Kind, iklan layanan masyarakat dari Amerika yang unik berunsur Jepang.

super kind

Iklan layanan masyarakat memang ada dimanapun, memberikan peringatan atau nasehat kepada masyarakat umum. Mina-san mungkin kadang melihat iklan nasehat seperti itu, seperti jangan buang sampah sembarangan atau bayar pajak teratur.

Dan di negara besar macam Amerika tentu juga ada, yang disebut sebagai PSA, yang merupakan kependekan dari Public Service Ads atau Announcement. Bahkan PSA juga bisa ditemukan pada acara anime yang telah didubbing di Amerika dulu macam Sailor Moon, tapi hanya dengan mendubbing kalimat dengan cuplikan adegan animenya secara asal.

Tapi yang unik dari seri PSA ini, adalah melekatnya kebudayaan negara Jepang bahkan secara visual dan bentuk. Meskipun ini adalah iklan layanan masyarat dalam menjaga keberaturan saat naik kendaraan umum di Kota Los Angeles.

Dan yang menarik lagi bagi yang belajar atau mengeri Nihongo. Iklan ini banyak pemakaian huruf kanji, bahkan memakai audio dan narator berbahasa Jepang, yang fasih dengan pemakaian kata, kalimat, dan cara bicara yang benar.

PSA ini menampilkan karakter hero bernama Super Kind, atau nama kanji Jepangnya, Chou Shinsetsu, yang diperankan oleh Anna Akana. Yang menggabungkan berbagai elemen hero barat dan Jepang. ia memiliki desain yang sci-fi berteknologi futuristik barat, tapi juga berubah ala henshin Kamen Rider atau Magical Girl.

Dan tentu, ia memberikan nasehat sambil melawan karakter antagonis. Seorang monster yang diberi nama Meiwaku Boy dalam kanji bahasa Jepang dan Rude Dude dalam bahasa Inggrisnya. Yang merepresentasikan orang yang bertindak semaunya tak mengikuti aturan.

Dan Super Kind menasehatinya dengan menari dan menyanyikan lagu. Lagunya seperti parodi atau homage akan J-Pop, yang berirama techno chiptune dengan visual yang penuh warna, dan uniknya jadi berbahasa Inggris disini.

Mungkin biar anak-anak bisa ikut menyanyikannya dan pesan nasehatnya bisa lebih tersampaikan 😀 Tapi ironisnya, nasehat berupa lagu tak begitu efektif dalam menangani Meiwaku Boy. Jadi Super Kind perlu menghukumnya dengan cara yang lebih tegas. Jadi ingat ya mina-san yang di atau mau ke Los Angeles, taati peraturan saat menaiki kendaraan umum 😉

https://www.youtube.com/watch?v=zIKsktVFRCk