Idol dari grup besutan Yasushi Akimoto yaitu super idol AKB48 sepertinya akhir-akhir ini selalu dihujani berita kurang menyenangkan. Sempat di penghujung tahun kemarin (Desember 2017) mereka dikritik karena punya kualitas yang kalah jauh sama grup idol korea. Belum juga perang antar fandomnya kelar, malah kecantol masalah tuntutan penghentian penjualan merch garvure mereka. Kali ini yang lebih bikin sedih mereka malah dihujat di negeri orang.

Dibentuknya sister idol seperti BNK48, JKT, SNH, TPE dan MNL merupakan kelanjutan dari kesuksesan pendahulunya yaitu idol AKB48. Yang sampai saat ini, secara keseluruhan (aktif-non aktif) beranggotakan lebih dari 100 orang. Di dalam negeri sendiri, mereka dikenal karena sangat kawaii dan punya lagu-lagu enerjik.

Tapi kepopuleran itu sepertinya nggak begitu ngefek jika diluar Jepang. Sebab, minggu kemarin ini mereka malah mendapat banyak cibiran dari netizen. Para fans diluar jepang sangat kecewa dengan penampilan mereka di Japan Expo Thailand 2018.

Kenapa bisa begitu? Kalau akiba-chan dan akiba-kei lihat cuplikan videonya dibawah ini kalian bakal tau deh. Coba ditonton dulu dari awal sampai akhir ya. Jangan di skip 😀

Di acara ini kabarnya 6 dari member super idol AKB48 menjadi bintang tamu utama. Yang diklaim juga mendatangkan banyak artis jepang lainnya. pada kesempatan itu mereka mempersembahkan beberapa lagu andalan seperti “Aitakatta”, “Heavy Rotation” dan “Koi Suru Fortune Cookie”. Setelah mengisi sesi tanya jawab, sister mereka, yaitu BNK48 pun bergabung untuk menari diatas panggung.

Namun penampilan mereka dinilai cukup awful, bahkan fansnya sendiri pun banyak yang merasa kecewa. Banyak fans bilang penampilan mereka bahkan lebih buruk dari pada aksi panggung anak SD. Apalagi pas mereka nyanyi secara live. Beberapa komentar pedas diantanya seperti:

“harus banget ya mereka nyanyi?”

“Idol jepang mah kebanyakan kenceng doang nanyinya tapi nggak ngerti tone. Nyanyi fals, nari juga jelek. Aku nggak ngerti kenapa orang jepang suka mereka.”

“suara mereka nggak pas sama musiknya. gerakannya juga. kalau nggak bisa kerjasama team mending nggak usah bikin grup idol deh ya. bikin malu”

Bahkan fans jepang pun ada yang membenarkan masalah kualitas yang terus-terusan disorot ini:

“yak, level karaoke”

“kayaknya harus banyakin latihan deh…”

“bikin malu nama Jepang aja!”

“mendingan (sister idol) JKT48 ya kalo masalah nyanyi”

Meskipun banyak yang menghujat ada juga kelompok fans yang membela mereka. Mereka bilang jika menikmati eventnya, mereka juga bakal bisa menikmati musiknya. Seperti dibawah ini misalnya:

yah, terlepas dari emang enak atau enggaknya penampilan mereka, menurut penulis sih balik lagi tergantung selera kalian sebagai fans ya. 😀 Yang penting mah satu: jangan terlalu berlebihan dalam menghujat atau membela. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Nanti terciduk kayak fans Love Live. Hehehe

Comments