Jepang memiliki berbagai hari raya yang agak unik. Mulai dari hari raya Bikini sampai Bunny. Yang itu memang tak begitu SFW, tapi tanggal 1 November lalu ada hari raya yang aman, menyegarkan malah, yaitu Hari Raya Teh hitam. Dan perusahaan minuman Suntory memakai kesempatan itu untuk merilis produk baru mereka, Teh Sejernih Air Bening! Sekaligus menambah pengetahuan dengan menjelaskan sains dibalik pembuatannya.

Teh tersebut adalah bagian dari produk Premium Morning Tea dari Suntory. Untuk merayakan hari black tea, dirilis teh air bening dengan rasa lemon tea. Tapi sebelum teh itu, Suntory sudah mengeluarkan rasa lain yang lebih sulit dipercaya lagi, Milk Tea bening.

suntory

Mengejutkan ya.. bagaimana air putih/bening jadi bisa punya rasa teh? Lemon tea sih memang ada bening-beningnya. Tapi yang lebih aneh lagi, bagaimana caranya teh susu yang putih keruh bisa jadi air bening juga?? Nah, untuk merayakan hari teh, telah dirilis juga penjelasan akan sains dalam pembuatan kedua teh ini. Bahkan mungkin mina-san bisa coba buat sendiri kalau ada alat-alatnya 😉

Kita lihat yang lemon tea dulu. Tehniknya sih ternyata tak begitu sulit untuk dimengerti. Jadi cara membuat teh bening itu, adalah dengan memakai uap air. Pertama air dididihkan dibawah daun teh hitam, tapi daunnya tak menyentuh air.

Berkat suhu panas, uap air yang mendidih itu naik menembus saringan dan dedaunan sambil menangkap rasa dan aroma teh dari daun. Kemudian uap air itu diambil melalui condenser, dan jadi deh, teh air bening.

Untuk milk tea tak diperlihatkan langsung pembuatannya, tapi sains dibaliknya tetap dijelaskan. Susu terdiri dari lemak, protein, mineral, dan lactose. Yang membuat susu berwarna putih adalah lemak dan proteinnya, bagian mineral susu dan lactose itu transparan. Dan dua bagian yang transparan itulah yang diambil, meninggalkan bagian lemak dan protein. Dan jadi deh, air bening rasa susu.

Tapi sedikit catatan, bahwa walaupun cara ini menarik, tapi rasanya tetap takkan sama/sedalam teh asli. Daun teh yang tak mendidih jadi membuat tak semua zat dan rasa tehnya keluar secara maksimal. Dan hilangnya lemak dan protein susu juga membuat rasa air susunya jadi sedikit lebih encer dan tak ada milky aftertaste. Walau Suntory mungkin takkan mengakuinya.

Tapi sebagai gantinya, Suntory memperlihatkan kalau mereka serius dalam hal pemilihan bahan bakunya. Dimana mereka memilih daun teh yang mewah berkualitas dengan aroma lemon untuk lemon tea beningnya, dan mereka juga memakai daun teh Assam yang sedang tapi kaya rasa untuk dipakai dalam milk tea beningnya.

Comments

Loading...