Yuhuuu… Tak terasa sekarang sudah mendekati akhir minggu kedua bulan Oktober. Minggu ini banyak berita yang seru dan menyenangkan ya. Tapi tak semua berita bisa seru dan menyenangkan. Terkadang juga mengesalkan, dan terkadang juga sedih. Berita ini adalah salah satu yang tak menyenangkan, karena dalam minggu ini ada 3 berita duka dari dunia anime. Telah meninggal seorang musisi, seorang seiyuu, dan seorang staff animasi.

Kita mulai dari staff animasi. Lebih tepatnya, adalah seorang staff senior dari Studio Ghibli. Yup, Studio Ghibli itu, baru saja kehilangan salah seorang staffnya. Bukan, dia bukan Miyazaki, tapi tetap membawa kesedihan. Yang meninggal adalah Yasuda Michiyo, dalam umurnya yang ke-77 tahun, pada hari Rabu. Dikatakan beliau meninggal karena sakit, tapi tak diberitahu detail penyakitnya. Ia bekerja dalam posisi color designer di Studio Ghibli.

studio-ghibli-characters-36913-3840x2160

Bisa dibilang seorang staff veteran, ia mulai bekerja dalam Studio Ghibli dari tahun 1976. Ia telah terlibat dalam berbagai karya besar Ghibli, seperti movie Nausica. Ia kemudian pensiun setelah bekerja dalam movie Ponyo pada tahun 2008. Dan mendapatkan Life Achievement Award pada tahun 2011. Tapi ditahun 2013 ia kembali ikut terlibat bersama Miyazaki-sensei dalam karya terakhirnya sebelum pensiun dari studio Ghibli, Kaze Tachinu/Wind Rises.

Kemudian dari seiyuu, adalah meninggalnya Tanaka Kazunari pada hari Senin diumurnya yang ke-49 tahun. Ia meninggal karena pendarahan batang otak. Pak Tanaka kebanyakan mengisi suara karakter support, seperti Tamaki Shinichiro dalam Code Geass, Ukai Keishin dalam Haikyuu, dan Kaneshiro Junya dalam game Persona 5.

Berita Duka seiyuu

Tapi pasti minna tahu dua karakter yang ia isi ini, apalagi serinya. Mereka adalah Kimura Katsuya dari anime Jigoku Sensei Nube, dan yang lebih ikonik lagi bagi generasi sekarang, Profesor Agasa Hiroshi, dari seri Detektif Conan. Kita mungkin pertama kali mendengar kedua karakter ini dalam dubbing Indonesia, tapi mari kita kenang juga seiyuu original dari kedua karakter ini.

Kemudian untuk berita duka terakhir, adalah seorang musisi. Ia adalah Kawashima Michiyuki, vokalis dan juga gitaris dari band Boom Boom Satellites. Mereka telah menyanyikan beberapa lagu anime. Diantaranya Xam’D, Gundam Unicorn, Ninja Slayers from Animation. Dan lagu terbaru dan terakhir mereka, untuk seri anime Kiznaiver, berjudul LAY YOUR HANDS ON ME.

Kawashima meninggal karena tumor otak. Penyakit yang juga membuat Boom Boom Satelite membatalkan konsernya di Tokyo dan Osaka tahun lalu. Dikabarkan juga rencananya akan ada event perpisahan, yang akan diumumkan lagi detailnya nanti. Basis dari Boom Boom, Nakano Masayuki, juga menuliskan pesan duka dalam Facebook band tersebut. Mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan fans dan teman-teman mereka, dan ia ingin agar fans hidup dengan penuh semangat, dan mengenang musik mereka.

Selamat Jalan, Pak Kawashima, Pak Tanaka, dan Bu Michiyo.
Kerja keras kalian akan kami kenang 🙁