Apa yang ada di pikiran kalian tentang robot? keren dan supeeeeeerr pastinya πŸ˜€ mecha/robot memang kebanyakan kalangan cowok yang suka ya tapi ada juga cewek yang suka mecha pastinya, dunia mecha semakin populer di era modern seperti ini dan sampai di jadikan anime, berikut ini 6 anime mecha terpopuler di dunia.

1.Gundam

067106500_1441192938-gundam-vcapic8hwgfjup2kgfec

Mobile Suit Gundam (ζ©Ÿε‹•ζˆ¦ε£«γ‚¬γƒ³γƒ€γƒ ) atau yang lebih dikenal dengan sebutan “First Gundam” adalah serial anime mecha yang dibuat oleh Yoshiyuki Tomino serta Hajime Yatake dan diproduksi oleh Sunrise Inc.. Di Jepangnya sendiri, serial ini pertama kali dirilis pada tanggal 7 April 1979 hingga 26 Januari 1980, sepanjang 43 episode. Serial ini kemudian disunting ulang untuk ditayangkan di teater dan akhirnya dibagi menjadi tiga buah film pada tahun 1981. Yang menjadi desainer karakter serial ini adalah Yoshikazu Yasuhiko, sementara desainer mecha-nya adalah Kunio Okawara, termasuk untuk robot utamanya, RX-78-2 Gundam. Serial ini pada awalnya tidaklah populer, saat pertama kali ditayangkan di televisi. Justru dalam kenyataannya, serial ini bahkan diberhentikan sebelum serial ini selesai. Pada awalnya, serial ini memiliki 52 episode, tapi dipotong hingga menjadi hanya 39 episode saja oleh para sponsor serial, termasuk oleh para pembuat mainan serial ini. Akan tetapi, para staf akhirnya bisa bernegosiasi dengan mereka dan mendapatkan satu bulan tambahan, sehingga serial ini tamat pada episode 43.

 

063760400_1441199232-gundam-586679

Akan tetapi, saat Bandai menerima lisensi terhadap pembuatan mecha serial ini, banyak hal yang berubah secara signifikan. Dengan diperkenalkannya beberapa model Gundam milik mereka, popularitas serial Gundam pun mulai merangsek naik. Model Gundam pun laris terjual, dan bahkan serialnya pun diulang dalam bentuk film teater yang berisi kompilasi 43 episode serial Gundam. Para audiens yang kala itu mengharapkan tayangan robot raksasa, akhirnya pun menemukan Mobile Suit Gundam, sebuah karya anime pertama yang menggunakan genre baru, drama mecha yang bersifat real robot, ketimbang super robot. Setelah itu, Mobile Suit Gundam pun ditayangkan dalam jaringan televisi satelit yang menawarkan anime, Animax, ke seluruh Jepang, sebelum akhirnya ke Hong Kong, Asia Tenggara, Asia Selatan, Amerika Latin, dan beberapa negara lainnya.

2.Neon Genesis Evangelion

063380100_1441198125-Neon_Genesis_Evangelion

Neon Genesis Evangelion (新世紀エヴゑンゲγƒͺγ‚ͺン) ialah anime dan kemudian manga (masih terus diproduksi) karya Hideaki Anno. Anime Neon Genesis Evangelion diproduksi oleh Gainax dan disiarkan dari tanggal 4 Oktober 1995 hingga 27 Maret 1996 oleh TV Tokyo. Anime tersebut kemudian diikuti oleh dua buah anime layar lebar Death and Rebirth dan End of Evangelion dan dirilis pada tahun 1997. Death dan Rebirth merupakan ringkasan dari seluruh serial ditambah setengah awal dari End of Evangelion. Sedangkan End of Evangelion merupakan akhir alternatif dari keseluruhan cerita, mengganti episode 25 dan 26 dari serial televisinya. Kedua anime layar lebar tersebut kemudian dikemas ulang dalam satu anime layar lebar berjudul Revival of Evangelion. Manga Neon Genesis Evangelion digambar oleh Yoshiyuki Sadamoto dan diterbitkan oleh Kadokawa Shoten. Manga tersebut menceritakan hal yang sama dengan animenya, tetapi lebih ke sudut pandang Shinji Ikari.

061509600_1441198971-Neon.Genesis.Evangelion.full.695148

Mengusung tema pos-apokaliptik atau pasca-kehancuran dunia, anime yang kerap disingkat Evangelion ini mengetengahkan pertempuran antara alien yang disebut Angel dengan manusia melalui perantara robot organik. Daya pikat anime mecha ini adalah karakter pilot robotnya yang merupakan anak-anak usia 14 tahun dengan tingkat emosi masih sangat labil. Neon Genesis Evangelion juga pernah beredar di Indonesia melalui VCD dan tayang di TV swasta.

3.Full Metal Panic!

037110400_1441198606-Full_Metal_Panic_-Konachan.com_-_2902_bonta-kun_chidori_kaname_full_metal_panic_kurz_webber_sagara_sousuke_teletha_testarossa_tokiwa_kyoko

Full Metal Panic! (フルパタル·パニック! ) adalah salah satu anime yang membuktikan bahwa yang namanya teknologi adalah hal yang terus berkembang. Dengan pemeran utama Sergeant Sousuke Sagara dengan Arbalest ARX-7 yang selalu ditemani Sergeant Major Melissa Mao dan Sergeant Kurz Weber. Sousuke mendapat misi untuk melindungi Kaname Chidori yang diduga sebagai Wishper (Orang yang memiliki kemampuan khusus dalam memberi arahan kepada pilot). Sousuke Sagara sendiri telah berperang sejak umur 8 tahun. Kemudian menjadi sukarelawan di organisasi yang bernama Mythril dengan bayaran setengah harga dari prajurit biasa. Kapal selam Mythril dikapteni oleh Teletha Testarossa yang memiliki seorang kakak yang beranama Leonard Tetrarossa. Sousuke Sagara dahulunya merupakan ex gerliyawan perang di Helmajistan (Bagian Utara Afghanistan versi Full Metal Panic). Dia merupakan satu satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat di daerah Russia. Diperkirakan memiliki kekuatan Lambda Driver, Andrei Kalinin(mantan agen KGB)menyelamatkan dirinya dan mengirimnya kepada Mahjid ntuk berperang. Lalu ia ikut dalam Western Pasific Fleet Dari Mithril Non Govermental Anti Terrorist Group. Dengan Kodenya uruz 7 yang diberikan oleh kapten kapal Tuata De Danaan(kapal induk western pacific fleet) Kapten Tessa(Teletha Testarossa), Ia disuruh melindungi gadis SMA bernama Chidori Kaname karena dia memiliki kekuatan Lambda driver yang diincar Sovyet.

053588800_1441198716-Full.Metal.Panic_.full.257841

Karakter utama dalam Full Metal Panic! memiliki watak yang cukup unik. Ia adalah prajurit anti-teroris yang menyamar sebagai siswa SMA setelah ditugaskan untuk melindungi seorang anak gadis. Kepolosan yang dimiliki oleh sang tokoh utama itu justru menjadi daya tarik utama. Sosoknya yang dianggap gila militer menimbulkan kejenakaan tersendiri. Soal robot tak perlu ditanya. Anime ini menyuguhkan desain mecha yang cukup menarik dengan adegan pertempuran yang tak melulu melibatkan gesekan, namun juga strategi. Franchise ini masih berkembang dalam bentuk manga dan serialnya pernah beredar di tanah air melalui VCD serta tayang di salah satu TV swasta Indonesia.

4.Macross

034279500_1441198287-The.Super.Dimension.Fortress.Macross.full.70232

The Super Dimension Fortress Macross (θΆ…ζ™‚η©Ίθ¦ε‘žγƒžγ‚―γƒ­γ‚Ή ) adalah serial anime klasik yang banyak menyuguhkan adegan perang antariksa, musik, dan kisah cinta antara tokoh-tokohnya. Serial Macross juga dikenal dengan judul Robotech. Serial Macross pertama kali dipopulerkan di Indonesia oleh stasiun televisi swasta pada pertengahan tahun 90-an. Suatu hari pada tahun 1999,sebuah pesawat ruang angkasa asing berukuran raksasa jatuh di pulau kecil di lautan pasifik. Manusia Bumi kemudian berusaha memperbaiki pesawat tersebut dan membaptisnya dengan nama SDF-1 Macross.

027406400_1441198254-macross-3482c1u

Sayangnya, ketika pesawat tersebut sudah selesai diperbaiki dan siap diluncurkan, datanglah alien Zentradi dan terjadilah peristiwa dimana pesawat SDF-1 Macross tersebut tiba-tiba secara otomatis menyerang alien Zentradi.Karena masih bingung dan belum sepenuhnya sadar apa yang terjadi, para crew SDF-1 Macross tersebut akhirnya mengaktifkan sistem fold, dan di luar dugaan, mereka “terdampar” di ujung tata surya beserta kota dan para penduduknya.Setelah menyelamatkan penduduk kota dan membangun koloni sementara di dalam pesawat SDF-1 Macross, Kapten Global dan anak buahnya berusaha untuk kembali ke Bumi dengan menggunakan mesin biasa. Hal ini dikarenakan sistem fold SDF-1 Macross telah rusak parah sejak terakhir diaktifkan.

5.Patlabor

041720700_1441197631-patlabor-377

Patlabor atau Mobile Police Patlabor (ζ©Ÿε‹•θ­¦ε―Ÿγƒ‘γƒˆγƒ¬γ‚€γƒγƒΌ ) merupakan manga dan anime karya Masami Yuuki pada tahun 1988. Di Indonesia, anime ini disiarkan di stasiun televisi swasta pada tahun 1996. Manga ini bercerita tentang negara Jepang pada tahun 1998 hingga 2002 di saat robot-robot yang disebut “Labors” dipekerjakan untuk pekerjaan berat. Kepolisian Tokyo pun juga memiliki persenjataan menggunakan robot yang disebut Patlabor (Patrol Labors) untuk mengatasi kasus kejahatan yang melibatkan Labor. Manga ini lebih menceritakan tentang kehidupan sehari-hari para anggota polisi Divisi 2 Patlabor, dengan fokus utama pada karakter pilot muda bernama Noa Izumi di Divisi 2, seksi 2.

015108800_1441197656-patlabor-6419

Jalan cerita serial ini mengambil tempat pada masa depan tahun 1998-2002 di dunia fiksi. Robot yang disebut “Labor” digunakan dalam pekerjaan konstruksi berat. Dengan makin meningkatnya penggunaan Labor dalam kehidupan sehari-hari, Polisi Metropolitan Tokyo memiliki divisi khusus yang bertujuan untuk untuk melawan kriminal dan menghadapi kecelakaan yang berhubungan dengan Labor. Divisi khusus tersebut disebut dengan nama Patrol-Labor atau Patlabor. Percabangan ceritanya biasanya berputar disekitar Divisi 2 Patlabor Polisi Metropolitan Tokyo Seksi 2 Kendaraan Khusus. Noa Izumi adalah karakter utama dari serial ini, tetapi semua anggota Divisi 2 memiliki peran masing-masing sesuai dengan jalan ceritanya.

Berikut 5 anime mecha terpopuler di dunia dan masih banyak anime mecha yang seru lho, kita laki kita suka mecha πŸ˜€ supeeeeeeerrrrr!!!!