Kita semua pastinya menyukai olahraga. Jika tidak begitu suka, setidaknya kita punya satu jenis olahraga yang masuk kategori favorit. Dan melihat macam-macam jenis olahraga, sepakbola adalah salah satu dari sekian varian yang memiliki banyak peminat. Buktinya, ada berjibun hal yang mengikutsertakan tema sepakbola di dalamnya. Mulai dari film, buku, sampai komik Jepang atau yang biasa kita kenal dengan nama ‘manga’. Diketahui ada banyak manga bertema sepakbola!

Dari sekian jenis genre olahraga, manga bertema sepakbola merupakan sesuatu yang paling menarik. Jika dijajarkan atau diadakan nominasi, mungkin manga dengan aspek satu ini menempati urutan pertama dari sekian jenis olahraga lain. Meski begitu, tak seluruhnya berkualitas bagus. Ada saja yang mengecewakan para pembaca.

Maka dari itu, Akiba Nation bantu pilih bagi para penggemar komik Jepang di rumah yang ingin ‘icip-icip’ tema olahraga, tapi tidak mau kecewa. Penasaran? Makanya gulir lebih ke bawah lagi, dongz, Kakah~ ♡

1. Captain Tsubasa

captain_tsubasa_1983_banner
Source: Wikia

Siapa, sih, yang tidak tahu sama Captain Tsubasa? Anak-anak yang lahir tahun 90-an (termasuk Penulis) dan suka nonton teve pastinya mengenal baik nama satu ini. Kalau ada dari mereka yang mengaku tak kenal, sebaiknya kita tenggelamkan! Karena Captain Tsubasa begitu terkenalnya sampai-sampai lagu latarnya masih diingat hingga sekarang. Bagaimana lagunya? Begini: Dragon Screamer~ Dragon fever~ Kalian semua sucyeh, aku penuh dosyah~ *bukan gitu, ding*

Nah, karena animenya pernah mengisi stasiun televisi tanah air kita dahulu selama bertahun-tahun, itu pertandanya Captain Tsubasa memang punya kualitas yang cukup baik. Di Jepang sendiri, berdasarkan informasi yang diterima, eksemplar manga Captain Tsubasa per volume-nya mencapai ratusan sampai puluh ribuan penjualan dalam sebulan setelah rilis. Karena pencapaian yang hebat tersebut, manga bertema sepakbola karya Yoichi Takahashi itu diterjemahkan hampir ke beberapa bahasa dan diangkat menjadi anime.

Tambah menariknya persoalan ini, ada tokoh-tokoh pemain sepakbola terkenal yang bahkan mengaku terinspirasi dari Captain Tsubasa, Minna-san. Mulai dari Zinedine Zidane, hingga sekelas Fernando Torres, mereka mengaku sangat menyukai manga serta anime ini. Namun, sepertinya tidak ada yang lebih mencintai Captain Tsubasa daripada orang-orang Jepang sendiri, terutama para penggemar dan pemain sepakbola di Negeri Bunga Sakura itu.

2. Offside

cover_manga-offside
Source: Tokopedia

Jika Minna-san menyukai perjuangan keras yang tiada henti demi menggapai tujuan serta cita-cita, maka manga Offside merupakan pilihan yang baik. Pasalnya, karakter utama dari manga tersebut, yakni Goro Kumayagawa, mempunyai prinsip: “Aku tidak akan menyerah, karena menyerah berarti gagal.” Menginspirasi, bukan? Dalam manga satu ini diceritakan bahwa Goro menjadi seorang kiper di klub sepakbola SMA Kawasaki. Sayangnya, SMA tersebut terkenal payah dalam olahraga.

Baca Juga: Didakwa Antagonis dan Jahat, Tokoh-tokoh Anime Berikut Ini Dinyatakan ‘Tak Bersalah’

Patut Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian ketahui, Offside merupakan manga bertema sepakbola yang terkenal karena berhasil menyentuh hati setiap pembacanya. Sifat pantang menyerah Goro dalam menyemangati rekan-rekan setimnya dapat membuat siapa pun merinding. Dia bangkit dan berjuang mati-matian agar tim sepakbola di SMA Kawasaki tidak dipandang rendah, meski pada kenyataannya kualitas pemain sepakbola mereka memang pas-pasan. Seiring bergantinya volume, cerita akan semakin menarik.

Manga Offside sendiri merupakan karya Natsuko Heiuchi. Dia adalah salah satu mangaka yang banyak menghasilkan genre olahraga. Mengikut data yang didapat, Offside diciptakan pada tahun 1989 lalu dan mulai populer beberapa tahun setelahnya. Sekarang manga-nya telah mencapai lebih dari seratus ribu eksemplar penjualan per volume.

3. Shoot!

manga_shoot
Source: Tokopedia

Merupakan salah satu karya manga bertema sepakbola paling dikenal yang pernah diciptakan Tsukasa Oshima. Shoot!, begitulah judul manga ini, pernah mendapat penghargaan sebagai manga terbaik dalam Kodansha Manga Award pada tahun 1994 lalu. Mantab djiwa, kan, Minna-san? Berbeda dengan Offside dan Captain Tsubasa, dimana cerita lebih berpusat pada karakter utama, Shoot! sebenarnya lebih berpusat pada tim SMA Kakegawa.

Toshihiro Tanaka, sang tokoh utama, tidak bisa dibantah faktanya bahwa ia mendapat porsi yang lebih banyak dalam cerita. Meski demikian, cerita tentang Kazuhiro Hiramatsu, Yoshiharu Kubo, Kenji Siraishi, dan Atshushi Kamiya, yang merupakan rekan-rekannya di SMA Kakegawa, juga mendapat porsi yang cukup besar. Selain itu, tidak hanya skill bermain bola yang terus berkembang, tokoh-tokoh dalam manga Shoot!
juga terus mengalami perkembangan karakter seiring dengan bergantinya volume. Setiap sudut pandang cerita dari tokoh memiliki ruangnya sendiri dalam hati para pembaca.

Cerita berawal dari kegeniusan seorang pemuda bernama Yoshiharu Kubo. Dirinya digambarkan sebagai seorang pemain sepakbola yang hebat dan mampu menginspirasi Toshi, Kazuhiro, serta Kenji. Ia bahkan menolak beasiswa dari SMA-SMA yang memiliki tim sepakbola terbaik di Jepang, Kubo justru memilih bersekolah di SMA Kakegawa, sebuah SMA Swasta yang baru berdiri. Bersama Kamiya, dia kemudian membentuk tim sepakbola sendiri di sana. Masalah datang saat mereka berdua kesulitan mencari rekan-rekan yang memiliki kualitas mumpuni bermain sepakbola. Perjalanan mereka berdua dalam menghidupkan api olahraga di Kakegawa pun baru saja dimulai.

Shoot! dapat dikategorikan sebagai manga bertema sepakbola yang begitu realistis. Minna-san di rumah wajib baca, deh!

4. Fantasista

manga bertema sepakbola
Source: Pinterest

Kata ‘fantasista’ merujuk pada istilah dimana seorang pemain mempunyai kemampuan berada di atas rata-rata. Mereka bisa melakukan gerakan akrobatik yang sulit, tendangan yang menukik tajam, dan sundulan yang tidak bisa diperkirakan. Namun, Teppei Sakamoto, yang merupakan karakter dalam manga bertema sepakbola satu ini terbilang berbeda dari yang lain. Ia adalah sebuah pengecualian.

Manga Fantasista merupakan manga dengan jalan cerita yang unik. Tidak saja mengikutsertakan tema fantasi dalam olahraga (seperti judulnya), Fantasista membangkitkan kembali kenangan masa kecil kita akan Saolin Soccer. Selain itu, Fantasista juga mampu menjelaskan peran-peran yang terdapat di sepakbola secara apik nan menyeluruh. Manga ini dengan baik menceritakan bagaimana pola pikir seorang regista, libero, hingga seorang trequartista.

Manga karya Michiteru Kusaba ini mulai diterjemahkan serta terbit di Indonesia pada tahun 2003 lalu. Jalan ceritanya lebih berpusat berpusat pada perjalanan Teppei Sakamoto demi mencapai impiannya: menjadi salah satu pemain terbaik di dunia!

Itulah 4 manga bertema sepakbola yang Akiba Nation anjurkan untuk Minna-san baca. 🙂

SHARE
Previous articleTrailer Film Blade of The Immortal Tampilkan Pertarungan Sota Fukushi VS Kimutaku
Next articleVkusno! Viktor x Yuri Mendominasi Couple Paling Favorit Awal Musim Gugur Ini
Winata SilenceAngelo merupakan seorang penulis remaja yang lahir pada 3 September 1997 di kota Karawang. Kecintaannya terhadap diksi yang melankolis serta menyentuh mengantarkannya ke dunia kepenulisan. Pada umurnya yang masih sangat muda ini, ia berhasil meraih beberapa penghargaan sastra serta menjadi kontributor dari buku-buku puisi. Menurut Winata, dalam sebuah naskah, entah itu novel, cerpen, esai, puisi, atau sekadar kata-kata, yang terpenting adalah unsur amanat. Seperti ketajaman pada ujung mata pedang, amanat merupakan apa yang menjadi tolak ukur suatu seni. Di sanalah segala dari pemikiran sang penulis bermuara, hingga kemudian menunjukan keindahannya dengan sangat artistik.