Terbilang tengah malam adalah waktu yang ditunggu-tunggu para pecinta anime di Jepang. Pasalnya, banyak sekali anime yang ditayangkan secara penuh dan tanpa jeda pada jam-jam tersebut. Termasuk anime pada spring (musim semi) tahun 2016, begitu mendapat perhatian khusus bagi penonton semua di Jepang. Terutama kaum remaja yang suka begadang.

Karenanya, situs terkemuka Goo Ranking mengadakan survei yang melibatkan banyak penggemar, untuk mengetahui apa saja anime spring 2016 terbaik yang tayang tengah malam! Baiklah, langsung saja Akiba Nation sajikan daftarnya. Check it out!

10. Joker Game

10. Joker Game
Joker Game

Joker Game mendapat 113 suara dan menjadi anime spring 2016 terbaik yang tayang tengah malam urutan ke-10.

Joker Game bercerita tentang organisasi pelatihan mata-mata fiksi yang dibentuk tentara Jepang pada masa Perang Dunia ke-II. Namanya D Agency, benar-benar dibentuk pada musim gugur tahun 1937 sebagai unit tentara independen yang dibawahi Letnan Kolonel Yuuki. Menurut rumor yang beredar, Yuuki dulunya adalah agen genius yang berhasil mendapatkan banyak rahasia di wilayah musuh, sampai akhirnya dia dikhianati oleh sekutu. Ia tertangkap dan disiksa sebelum akhirnya berhasil melarikan diri.

9. Macross Delta

9. Macross Delta
Macross Delta

Macross Delta mendapat 120 suara dan menjadi anime spring 2016 terbaik yang tayang tengah malam urutan ke-9.

Macross Delta adalah anime yang bersetting pada tahun 2067 di sebuah planet terpencil, delapan tahun setelah Macross Frontier. Freyja Wion bersama keempat gadis lainnya membentuk kelompok bernama “Tactical Sound Unit” Walküre dan bertarung melawan Var Syndrome yang menggerogoti galaxy tersebut.

8. Koutetsujou no Kabaneri

8. Koutetsujou no Kabaneri
Koutetsujou no Kabaneri

Koutetsujou no Kabaneri mendapat 136 suara dan menjadi anime spring 2016 terbaik yang tayang tengah malam urutan ke-8.

Di tengah kemajuan industri dunia, monster raksasa muncul mengancam kehidupan manusia. Monster-monster ini tidak dapat dikalahkan kecuali menyerangnya tepat di jantungnya yang dilindungi oleh lapisan besi. Orang yang telah digigit oleh monster ini akan terinfeksi dan membuatnya menjadi mayat hidup yang disebut dengan Kabane. Ikoma adalah seorang anak laki-laki yang menciptakan sendiri sebuah senjata mutakhir untuk mengalahkan para monster. Senjata itu disebut Tsuranukizutsu.

Selain itu, tokoh Ikoma juga masuk ke dalam daftar 10 cowok terfavorit dalam anime.

7. Ushio to Tora 2nd Season

7. Ushio to Tora 2nd Season
Ushio to Tora 2nd Season

Ushio to Tora 2nd Season mendapat 142 suara dan menjadi anime spring 2016 terbaik yang tayang tengah malam urutan ke-7.

Ushio mengira jika semua yang diceritakan ayahnya tentang leluhur yang bertarung melawan iblis dan legenda Tombak Siluman itu hanyalah cerita bohong. Tetapi, setelah dia menemukan monster di ruang bawah tanah rumahnya sendiri, Ushio harus melihat kembali sejarah legenda keluarganya untuk menyelamatkan orang-orang dari ancaman mematikan para youkai yang menyerang. Ushio pun terpaksa membebaskan Tora yang terkurung, tapi akankah Tora mau membuktikan janjinya?

6. Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge

6. Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge
Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge

Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge mendapat 143 suara dan menjadi anime spring 2016 terbaik yang tayang tengah malam urutan ke-6.

Dia adalah seorang pemuda yang punya sifat pemalas dan karena itu temannya pun ‘Ohta’, nggak tega meninggalkannya sendirian. Tanaka punya kebiasaan selalu menghela nafas, bersandar pada siku dengan mata mengantuk.

5. Bungo Stray Dogs

5. Bungo Stray Dogs 5
Bungo Stray Dogs 5

Bungo Stray Dogs mendapat 144 suara dan menjadi anime spring 2016 terbaik yang tayang tengah malam urutan ke-5.

Nakajima Atsushi diusir dari panti asuhan. Sekarang ia tidak memiliki tempat tinggal. Saat sedang di tepi sungai, ia melihat seorang pria yang mencoba bunuh diri. Nakajima pun menyelamatkan pria itu, yang ternyata adalah agen detektif khusus. Pria itu bernama Dazai Osamu, seorang yang memiliki kekuatan supranatural dan bertugas menyelesaikan kasus-kasus yang terlalu berbahaya untuk ditangani polisi atau militer. Pertemuan Nakajima dengan Dazai membuatnya terlibat dengan berbagai kasus berbahaya.

4. Re: Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu

4. Re: Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu
Re: Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu

Re: Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu mendapat 145 suara dan menjadi anime spring 2016 terbaik yang tayang tengah malam urutan ke-4.

Re: Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu menceritakan seorang murid SMA bernama Subaru Natsuki a.k.a Subadrun yang tiba-tiba dipanggil ke dunia lain sepulang dari toko swalayan. Dengan krisis terbesar yang dihadapi, karena dipanggil ke dunia lain, dan tak ada petunjuk siapa yang memanggilnya, situasi yang dialaminya bertambah buruk ketika dia mulai diserang. Namun dia diselamatkan oleh gadis berambut perak dan kucing peri yang misterius, akhirnya Subadrun bekerja sama dengannya untuk membalas budi.

3. Sailor Moon Crystal : Death Busters arc

3. Sailor Moon Crystal : Death Busters arc
Sailor Moon Crystal : Death Busters arc

Sailor Moon Crystal : Death Busters arc mendapat 192 suara dan menjadi anime spring 2016 terbaik yang tayang tengah malam urutan ke-3.

Dengan kekuatan bulan, aku akan menghukummu! *Hehehe… Sailor Moon mah enggak dijelasin juga udah pada tahu.

2. JoJo’s Bizarre Adventure Part 4

2. JoJo’s Bizarre Adventure Part 4
JoJo’s Bizarre Adventure Part 4

JoJo’s Bizarre Adventure Part 4 mendapat 296 suara dan menjadi anime spring 2016 terbaik yang tayang tengah malam urutan ke-2.

Awal kisah ini berada di abad ke-19 bertempat di Inggris, bangsawan muda bernama Jonathan Joestar bersaing dengan Dio Brando, seorang anak laki-laki yang dirawat oleh ayah Jonathan setelah ayah Dio meninggal. Ketidakpuasan dengan status hidupnya, membuat Dio mencari kekuatan gaib dari sebuah topeng batu peradaban Aztec kuno di Joestar yang akan mengubah 180 derajat nasib mereka berdua.

1. Sakamoto Desu Ga?

Anime spring 2016
Sakamoto Desu Ga?

Sakamoto Desu Ga? mendapat 348 suara dan menjadi anime spring 2016 terbaik yang tayang tengah malam urutan ke-1.

Pesona dari seorang Sakamoto memang tidak terkalahkan ya, Minna-san? Ckckckc. Warbyazah. Dia berada dalam urutan pertama thread ini!

Jadi, apa judul anime favorit kalian dari daftar anime spring 2016 terbaik yang tayang tengah malam di atas? Kalau Penulis sih mungkin nomor 3. Dengan kekuatan bulan, aku akan…. *ah sudahlah.
Ayo, di-share biar teman-teman juga baca. Mereka pula pastinya ingin tahu! 😀

SHARE
Previous articleSempatkan Waktumu Bertemu Utaite Indonesia di Comifuro 7!
Next articlePikachu Mah Lewat! Inilah Daftar 6 Binatang Paling Imut Di Anime.
Winata SilenceAngelo merupakan seorang penulis remaja yang lahir pada 3 September 1997 di kota Karawang. Kecintaannya terhadap diksi yang melankolis serta menyentuh mengantarkannya ke dunia kepenulisan. Pada umurnya yang masih sangat muda ini, ia berhasil meraih beberapa penghargaan sastra serta menjadi kontributor dari buku-buku puisi. Menurut Winata, dalam sebuah naskah, entah itu novel, cerpen, esai, puisi, atau sekadar kata-kata, yang terpenting adalah unsur amanat. Seperti ketajaman pada ujung mata pedang, amanat merupakan apa yang menjadi tolak ukur suatu seni. Di sanalah segala dari pemikiran sang penulis bermuara, hingga kemudian menunjukan keindahannya dengan sangat artistik.