Jepang terkenal akan dunia otomotifnya. Tak hanya dalam hal kecanggihan, tapi juga kreativitas orang Jepang dalam membuat kendaraan mereka jadi sesuatu yang keren untuk dilihat. Dari mobil yang dijadikan Itasha sampai truk besar yang dijadikan Dekotora. Kali ini ada sesuatu yang seru lagi mengenai kendaraan di Jepang, dengan diadakannya kompetisi mini truck garden Jepang, yang menghasilkan sesuatu yang begitu indah untuk dipandang.

Kompetisi ini adalah event tahunan yang disponsori oleh Kontraktor Lanskap Federasi Jepang. Dan sesuai dengan nama sponsornya, para kontestan dari kompetisi ini adalah berbagai Kontraktor Lanskap di Jepang. Di kompetisi ini, mereka bersaing menciptakan lanskap terindah. Para juri akan memberikan nilai dan ranking pada hasilnya berdasarkan berbagai hal, diantaranya; planning, ekspresi, eksekusi, desain, dan lingkungan.

Bisa dibilang mirip dengan kompetisi melukis, tapi bukannya menggambar diatas kertas, para kontestan membuat lanskap dibagian belakang mini truck, atau sebutan Jepangnya untuk truk macam ini, Kei-tora yang berarti Light Truck.

Mina-san pasti sudah kenal truk macam ini, karena disinipun truk tersebut banyak sekali dipakai dimana-mana. Umumnya dipakai untuk membawa barang seperti gundukan pasir, atau beton, atau ayam, dan lain-lain lagi. Dan sangat menakjubkan melihat truk yang bisa dibilang terlihat sederhana itu, disulap oleh para kontraktor lanskap Jepang menjadi karya seni yang sangat keren.

Contohnya, ada yang membuat lanskap ala taman tradisional indoor, dengan dinding dan lantainya terbuat dari kayu seperti gaya tradisional Jepang. Dan ada lagi yang membuat pemandangan luar dengan air terjun kecil dan sungai.

Ada yang berbentuk taman yang semi outdoor-indoor, dan sedikit dibumbui tema Zen. Dan ada yang membuat semacam paludarium, dengan air terjun yang lebih besar dan juga aquarium panjang untuk bisa melihat dasar kolamnya.

Ada juga yang berbentuk seperti taman yang dilengkapi dengan bangku kayu dan meja. Dan bicara soal bangku, sampai ada yang sampai memakai pinggiran sekeliling truknya, untuk diubah menjadi meja cafe, dan cocoknya, lanskap itu diberi nama Momiji Cafe. Dan lain-lain lagi.

Comments