Beberapa gamer memiliki cara tersendiri untuk merayakan hari Halloween. Jika banyak orang merayakan Halloween dengan menonton film horor atau cosplay menjadi karakter hantu, para gamer ini akan lebih memilih tinggal di rumah dan memainkan koleksi game seramnya. Jika kamu salah satunya, coba deh mainkan game horor lokal berkualitas yang satu ini: DreadOut. Game horor ini bukan hanya menyeramkan, tapi juga menghadirkan nuansa lokal dengan kemunculan berbagai legenda hantu Indonesia.

Tertarik untuk memainkan game-nya? Kalau iya, baca dulu deh beberapa keunggulan DreadOut di bawah ini!

1. Ada Beberapa Seri

game horor

Jangan takut bosan memainkan game ini, karena Digital Happines selaku developernya telah merilis beberapa seri DreadOut dengan tantangan yang berbeda-beda. Seri pertama adalah DreadOut Act 1 di mana kamu akan berperan sebagai Linda, seorang siswa SMA yang terjebak di kota tua. Dengan bermodal sebuah smartphone dan kamera SLR Linda akan mencari jalan keluar dari kota berhantu tersebut.

Ada lagi DreadOut Act 2 yang melanjutkan cerita dari DreadOut Act 1, tujuanmu dalam seri kali ini adalah harus mencari teman-temanmu yang lain dan pergi dari tempat berhantu tersebut. Dalam Act 2 ini, kamu akan mendapat kesimpulan dari permasalahan dalam game DreadOut.

Terakhir, ada DreadOut: Keepers of the Dark yang merupakan game stand alone dari seri DreadOut. Dalam Keepers of the Dark, kamu masih akan menjadi Linda yang terhubung dengan delapan alam yang berbeda. Kamu harus memasuki pintu yang masing-masing memiliki penunggu tersendiri yang harus ditangani untuk menyelesaikan game ini. Kamu akan menghadapi para Keeper di area baru, area lama, hingga gabungan area baru dengan area lama. Bisa dibilang, game ini merupakan bab tambahan dari dua seri DreadOut sebelumnya.

2. Gameplay yang Keren

gh2

DreadOut adalah game horor bergenre third-person yang terinspirasi dari Fatal Frame. Gameplay-nya sendiri sangat keren, karena memadukan antara fotografi, memecahkan teka-teki dan tentu saja survival dari berbagai macam hantu mengerikan di tempat tersebut. Menariknya, game ini memancing ketakutan dan ketegangan para gamer dengan sangat kuat, karena kamu tidak bisa melihat beberapa musuh-musuhmu (hantu) saat berada dalam modethird person. Kamu hanya akan diberi petunjuk dari perubahan warna vignette di layar dan suara-suara aneh yang terdengar. Saat merasakan kehadiran mereka, kamu bisa memasuki mode first-person dan sangat sering para hantu ternyata berdiri tepat di depanmu. Seram sekali bukan?

Baca Juga: 5 Developer Game Ini Ketahuan Narsis di Game Buatannya Sendiri

3. Visual dan Audio yang Bikin Merinding

gh3

Salah satu kekuatan utama DreadOut adalah pemilihan audio di dalam game-nya. Sepanjang permainan, kamu akan ditemani oleh musik-musik dan efek suara yang bisa membuat bulu kuduk berdiri. Ketika baru memulai game ini misalnya, kamu akan mendengar lagu Lingsir Wengi yang sukses membangun suasana mistis. Lagu Linsir Wengi sendiri dikenal sebagai lagu mistis karena dipercaya oleh masyarakat Jawa sebagai lagu pemanggil Kuntilanak. Selain itu, masih ada sederetan lagu mencekam dan mengagetkan yang siap menguji nyalimu dalam game ini.

Selain itu, game ini juga didukung dengan kualitas visual yang oke. Pemilihan tone dark dan desain para hantu benar-benar mengerikan sehingga menambah kadar keseraman dalam game ini. Animasinya pun tidak terlalu kaku, malah terkesan natural terutama untuk seri DreadOut Act 2 dan DreadOut: Keepers of the Dark.

4. Hantu dan Suasana Indonesia

gh4

DreadOut banyak terinspirasi dari game seperti Silent Hill, Fatal Frame dan Resident Evil yang memang sangat seram. Namun, DreadOut memiliki keunikan yaitu latar bernuansa lokal dan para hantu yang muncul adalah hantu Indonesia. Selain itu, banyak sekali unsur pendukung dalam game yang Indonesia banget, seperti rice cooker, galon mineral, dan kardus mie instan. Ada juga poster pemilu yang semakin menambah nuansa lokal dalam game ini.

Belum kesampaian nyoba? Ayo deh merapat ke acara Colony Collection Market: Toys & Games 2016. Banyak game seru yang bisa kalian coba nantinya. Stay Calm!