Anime merupakan bagian dari pop culture jepang yang sangat popular tak hanya di Indonesia, namun juga diseluruh dunia dan salah satunya adalah kita, terbukti dari mimin menulis artikel ini, dan kamu yang sedang membacanya J Terdapat ratusan, atau bahkan ribuan judul anime yang telah dirilis dijepang, dan tidak kurang dari 15 judul anime baru tayang tiap musimnya. Dan ini akan terus bertambah dengan seiring berjalannya waktu.

Apakah kamu jenis otaku yang setia mengikuti anime setiap musim, memilih yang akan ditonton dan menunggu setiap minggu untuk update episode terbaru?. Tahun 2013 lalu mimin mulai setia mengikuti anime instan musiman seperti itu, tapi mulai berhenti ejak tahun 2015 karena mimin merasa anime yang diproduksi mulai membosankan dan terkesan dengan tema yang begitu-begitu saja, sehingga mimin akan menonton anime yang ditunggu setelah tamat.

Tapi, mari kita lupakan sejenak tentang menurunnya kualitas anime yang diproduksi belakangan ini yang menurut mimin sedikit mengecewakan. Kita tidak akan membahas mengenai hal tersebut di artikel ini. Kita akan membahas mengenai perusahaan produksi yang membuat anime kesayangan kita. Terkadang sebagai otaku, kita hanya memilih dan menikmati anime yang kita tonton karena beberapa pilihan seperti cerita, gambar, atau seiyuu yang ikut berperan dalam anime tersebut. Namun, poin-poin tersebut tidak akan ada tanpa production house atau studio, berterima kasihlah pada mereka. Beberapa dari kamu mungkin memasukkan studio karena reputasi yang mereka miliki, tapi tidak sedikit juga yang mengabaikan hal tersebut.

Dunia per-anime-an bagi studio adalah bisnis yang serius, banyak pertimbangan yang harus dilakukan oleh mereka sebelum membuat anime, tidak hanya melihat faktor dari apa yang disukai konsumennya (otaku) namun juga melihat apakah hal tersebut dapat membawa profit/laba yang besar bagi perusahaan mereka. Terkadang ada anime bagus yang dikeluarkan namun gagal dipasaran karena kurangnya penjualan DVD atau official merchandise dipasar, seperti anime Kiseijuu.

20160313121950

Setiap studio memiliki beberapa ciri khas masing-masing dari tiap anime yang mereka keluarkan. Contohnya seperti Kyoto Animation atau yang sering disingkat menjadi KyoAni adalah salah satu studio anime yang terkenal dengan berbagai karakter moe-moe yang diciptakannya seperti anime K-ON, Tamako Market, Amagi Brilliant Park, dll. Lalu ada SUNRISE yang terkenal dengan anime bertema mecha GUNDAM, tapi tak hanya mecha saja, mereka jugalah studio dibalik Gintama, Tiger and Bunny, Love Live, dll. Ada juga A-1 Pictures yang terkenal dengan anime adaptasi dai manga atau Light Novel terkenal seperti Sword Art Online,  Shingatsu wa Kimi no Uso, Nonatsu no Taizai, Sakurasou, dll.

Ada begitu banya studio anime yang tak bias mimin jelaskan satu per-satu di artikel ini. Oleh karena itu, mimin akan mengulas beberapa studio anime terkenal yang pernah eksis atau masih eksis sampai sekarang. So, stay tune on Akibanation J