Wabah virus corona menyebabkan banyak event-event tahun ini jadi dibatalkan, dan itu juga banyak terjadi di Jepang, yang sampai membuat event besar Olimpiade Tokyo 2020 juga diundur ke 2021. Dan begitu juga fan event terbesar dunia animanga, Comic Market alias Comiket, yang juga jadi dibatalkan. Akan tetapi ada secercah harapan, karena event itu tetap terlaksana! Dengan berubah format jadi digital dengan StayHome Air Comiket.

Yup, Event Comic Market terbaru, Summer Comiket 98, dilaksanakan tanggal 1-5 Mei kemarin oleh komite Comiket sebagai bagian dari inisiatif Ganbarou Doujin, dimana mereka melakukannya dengan membuat kerjasama bersama NicoNico Net Chou Kaigi.

Partner yang sesuai karena NicoNico sendiri juga membatalkan event fisik Chou Kaigi mereka dan berganti juga secara full digital, yang diadakan bulan lalu dari tanggal 12-19 April. Dan meskipun tidak dilakukan secara fisik, Comiket digital tetap meriah, yang dapat dilihat melalui Twitter.

Mereka yang mau berpartisipasi dan ikut merayakan dapat membuat tweet dengan hashtag AirComiket. Dan isinya juga beragam, bisa bernostalgia dengan memasang foto Comiket dulu atau memberikan teaser doujinshi baru.

Dan bagi fans yang mau beli doujin, dapat memakai katalog online untuk membelinya. Bahkan ada yang kreatif berkreasi dengan merealisasikan event tersebut dalam game Animal Crossing New Horizon yang lagi populer saat ini.

Dan tentu kita tak dapat membicarakan Comiket tanpa Cosplay, dan tetap saja ada banyak foto cosplay sexy dan kece yang meramaikan suasana Air Comiket. Ada yang melakukan cosplay baru, dan ada juga yang membagikan foto cosplay comiket lama, seperti yang dilakukan oleh pro cosplayer Enako saat ikutan Air Comiket itu.

Event itu kini periodenya sudah selesai, tapi terlihat kalau hasilnya terbilang sukses. Twitter official Comiket juga bercanda dengan melaporkan kalau event itu kedatangan 0 pengunjung ke Tokyo Big Sight, karena memang semuanya di rumah 😀