Pandemik virus corona membuat berbagai hal berubah, dari gaya hidup sampai dunia kerja, dengan contoh yang besar adalah situasi Work From Home pada beberapa pekerjaan. Dan developer game terkenal Square Enix juga melakukan hal tersebut, akan tetapi baru-baru ini mereka memberikan pengumuman yang menarik, dimana SquEnix memberi kesempatan untuk memperbolehkan para staff mereka tetap Work From Home seterusnya.

Square Enix adalah salah satu studio developer game paling terkenal di dunia berkat franchise Final Fantasy dan Dragon Quest mereka, walau mereka tak hanya terkenal karena game tersebut, dengan contoh game populer mereka yang lain adalah seri Kingdom Hearts, Chrono Trigger, Star Ocean, dan berbagai RPG populer lainnya.

Walau popularitas mereka sangat mendunia tapi mereka tetap intinya adalah perusahaan Jepang, akan tetapi mereka terlihat tampil beda daripada perusahaan Jepang lainnya saat berkembang dalam situasi pandemik coronavirus ini.

Seperti berbagai perusahaan besar lain, Square Enix menjalankan sistem Work From Home pada masa pandemik ini untuk menjaga kesehatan para staff mereka. Akan tetapi seperti yang dikatakan diawal, baru diumumkan kalau Square Enix memperbolehkan staff mereka dan anak perusahaan Luminous Production untuk tetap melanjutkan Work From Home untuk seterusnya.

Jadi, para staff akan berstatus Home Based yang kerja di rumah setidaknya 3 hari per minggu, atau Office Based yang kerja di kantor setidaknya 3 hari per minggu. Kepala divisi akan menetapkan staff yang perlu Office Based tergantung situasi pekerjaan dan projek. Staff dapat memilih untuk mengganti status mereka setiap bulannya tergantung beban kerja.

Dikatakan kalau Square Enix sudah berencana kalau saat program ini benar-benar diimplementasikan minggu depannya mulai dari bulan Desember, sekitar 80 persen dari staff mereka akan bekerja dengan status Home Based.

Square Enix mengatakan kalau program tersebut dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan keseimbangan hidup dan kerja dan sekaligus meningkatkan produktivitas dari para pekerja mereka. Dan dengan visi agar dapat memastikan kreativitas dan produktivitas yang diperlukan untuk membuat entertainment dengan kualitas tertinggi.