SquEnix Luncurkan Platform Manga UP Global

0
189

Saat ini fans animanga semakin dimudahkan untuk menonton anime atau membaca manga dengan meluncurnya berbagai platform resmi. Contohnya dalam hal manga adalah app dan website Manga PLUS dari Shueisha sang penerbit berbagai manga JUMP populer macam One Piece. Dan baru-baru ini diumumkan kalau SquEnix juga melakukan hal serupa, dimana mereka mulai meluncurkan platform Manga UP mereka secara global.

Yup, Square Enix, nama yang mungkin lebih terkenal sebagai pembuat dari berbagai game populer macam Final Fantasy dan Kingdom Hearts. Tapi bagi mereka yang tidak terlalu tahu, bisnis mereka juga merambah ke dunia animanga, yang berasal dari masa lalu mereka sebagai Enix, dimana perusahaan tersebut memiliki divisi penerbit dengan nama GanGan Comics.

Dan dalam hal penerbitan, mereka tentunya yang menerbitkan projek manga dari game-game Square Enix, tapi selain itu mereka juga telah menerbitkan berbagai seri manga populer yang alhasil membuat banyak juga yang telah mendapatkan adaptasi anime. Contohnya adalah seri FullMetal Alchemist, Soul Eater, Kakegurui, Barakamon, Gekkan Shojo Nozaki, dll.

Dan balik pada topik utama, para fans juga dapat membaca manga itu secara online melalui platform Manga UP. Platform tersebut awalnya dirilis pada tahun 2017 dan terbatas hanya ada di region Jepang, tapi seperti yang dikatakan diawal, baru-baru ini Square Enix mengumumkan kalau mereka mulai meluncurkan versi global dari manga UP untuk fans luar Jepang.

Platform tersebut ada dalam bentuk website dan juga app smartphone, dan seperti dengan Manga PLUS dari Shueisha, manga UP Square Enix menyediakan banyak seri manga GanGan yang bisa dibaca secara gratis untuk beberapa chapternya.

Tapi tentunya ada batasan tertentu jika mau baca semua chapter serinya. Untuk app Manga UP, dikatakan kalau user dapat membayar pakai UP point yang refresh 2x sehari yang membuat bisa membaca sampai 8 chapter dalam sehari.

Dikatakan total ada sampai 144 manga disitu, dan selain yang telah disebutkan tadi, seri yang jadi sumber anime populer belakangan ini juga ada seperti anime Bisque Doll dan Vanitas, dan juga manga terbaru buatan Arakawa Hiromu, Yomi no Tsugai.