Negara Jepang terkenal akan pendidikan masyarakatnya yang pintar-pintar dan kreatif. Kita telah melihat berbagai pengajaran edukasi yang unik di Jepang, seperti mengajarkan arsitektur dengan memakai visual BL. Dan baru-baru ini ada yang kreatif seperti itu lagi, tapi lebih SFW. Yaitu dengan game developer Square Enix dikabarkan nantinya akan merilis buku pelajaran aritmatika, dengan tema DQ alias game Dragon Quest.

Buku tersebut berjudul Dragon Quest Yuusha Drill Shougakkou Teigakunen Muke Sansuu hen yang berarti Dragon Quest Hero Drill: Aritmatika SD Kelas 1-3 dan pelajar/pembaca buku tersebut berperan sebagai sang Yuusha atau Hero yang legendaris dalam petualangannya, dimana sang pahlawan memakai kekuatan aritmatika untuk mengalahkan Demon Lord.

Sesuai dengan judulnya yang mengatakan untuk SD kelas 1-3, buku tersebut dibuat untuk mengajarkan aritmatika kepada anak-anak dengan tema game Dragon Quest yang terlihat keren dan menarik, membuat mereka bisa lebih menyimak. Dan pengajarannya memang terlihat seru, dengan contoh 3 pertanyaan soal yang memakai tema dunia Dragon Quest;

  • Kamu dapat 120 Gold untuk perjalananmu, jika kamu habiskan 80 Gold untuk Copper Sword dan 30 Gold untuk Leather Shield, berapa sisa uangmu?
  • 8 ekor Slime dapat bergabung menjadi satu King Slime, jika ada 24 ekor Slime, berapa banyak King Slime yang bisa muncul?
  • Jika satu spell Frizz memiliki 10 damage dan total HP Dracky berjumlah 60 HP, berapa banyak Frizz yang perlu dilancarkan untuk mengalahkannya?

Jepang memang keren ya, memakai tema game fantasy RPG untuk mendidik, dan pilihan game yang dipakai juga bagus, dengan Dragon Quest menjadi pemula JRPG, hampir tak ada yang tak kenal game itu, dan popularitasnya masih besar sampai sekarang, jadi anak dan orang tua sama-sama kenal akan tema itu.

Buku tersebut akan dirilis pada tanggal 20 Desember seharga 1.078 Yen, dan saat ini dapat dipesan melalui toko online Square Enix. Sayangnya hanya ada dalam bahasa Jepang, tapi bagi yang tertarik bisa dipakai jadi alat belajar nihongo juga tuh 😉