Spring Dorama 2014 “Hanasaki Mai ga Damatteinai”, versi Wanita dari Hanzawa Naoki?

Anne sebagai Tokoh Utama Hanasaki Mai
Anne sebagai Tokoh Utama Hanasaki Mai
Hanzawa Naoki
Hanzawa Naoki

 

Pada dorama season lalu sebuah dorama yang berjudul “Hanzawa Naoki” menceritakan kehidupan seorang laki-laki yang bekerja di bank telah mendapat perhatian yang tinggi dari masyarakat Jepang sehingga memperoleh rating tertinggi sebesar 42.2% untuk episode terakhirnya. Hanzawa Naoki merupakan dorama karya Ikeido Jun yang bekerja sama dengan Iyoda Hidenori dan Iida Kazutaka sebagai produsernya. Dorama ini telah meraih banyak penghargaan di dunia perfilman mulai dari penghargaan dorama terbaik di Nikkan Sports Drama Grand Prix ke 17 sampai dengan penghargaan aktor-aktor terbaiknya.

 

Hanasaki Mai ga Damatteinai
Hanasaki Mai ga Damatteinai

Pada musim semi 2014 ini, sebuah dorama yang sampai pertengahan episodenya mendapat perhatian masyarakat Jepang dan memperoleh rating tertinggi di antara dorama lain adalah sebuah dorama yang berjudul “Hanasaki Mai ga Damatteinai” atau yang dapat diartikan kedalam bahasa Indonesia yaitu “Hanasaki Mai Tidak Bisa Diam”. Dorama Hanasaki Mai ga Damatteinai ini menceritakan tentang kehidupan seorang pegawai bank, Hanasaki Mai merupakan seorang dengan jabatan teller di sebuah bank yang memiliki sifat aktif, dan tidak bisa tunduk walaupun itu terhadap atasannya apabila ada hal yang ingin dia perjuangkan. Prinsip daripada tokoh utama Hanasaki Mai ini tak lain adalah membawa sesuatu hal baru yang lebih baik daripada masa lalu, mengajak orang-orang untuk tidak takut meninggalkan budaya lama apabila hal itu memang baik untuk dilakukan.

Beberapa hari setelah mengadakan pesta kantor, Hanasaki dipanggil oleh atasannya dan Hanasaki dipindahjabatkan dari seorang teller biasa menjadi pengawas bank-bank lain. Hanasaki pun tidak ditugaskan sendirian, untuk menghadapi pekerjaan yang cukup berat ini, dia menjadi wakil dari mantan atasannya dulu Soma. Bersama Soma, Hanasaki menghadapi masalah-masalah yang sedang dihadapi oleh bank-bank lain. Mulai dari kasus krisis perhitungan bank yang kacau dan sering terjadi miss error, pencurian, sampai dengan permasalahan emosi antar karyawan bank. Walaupun atasannya Soma menyuruh Hanasaki untuk tidak ikut campur urusan internal bank dan sebaiknya cukup mengerjakan apa tugasnya saja, Hanasaki tidak dapat meninggalkannya begitu saja. “Hanasaki Mai ga Damatteinai”, Hanasaki Mai tidak bisa diam saja, begitu pun Hanasaki turun lapangan membantu masalah-masalah yang dihadapi, serta membawa era baru yang lebih baik.

Untuk melihat trailernya ada di official web Hanasaki Mai ga Damatteinai disini

 

Anne dan Kamikawa sebagai tokoh utama
Anne dan Kamikawa sebagai tokoh utama
Salah satu adegan dalam dorama dimana Soma dan Hanasaki menikmati makan siang bersama
Salah satu adegan dalam dorama dimana Soma dan Hanasaki menikmati makan siang bersama

 

Dalam dorama ini, Anne dan Kamikawa Takaya mendapatkan peran tokoh utama dalam cerita sebagai partner. Dan ternyata, dorama Hanasaki Mai ga Damatteinai ini merupakan dorama karya dari orang yang sama dengan Hanzawa Naoki yaitu Ikeido Jun. Bedanya, kali ini Ikeido bekerjasama dengan Kato Masatoshi dan Mori Masahiro dalam penggarapan dorama. Meskipun berbeda produser, dorama ini memiliki beberapa kemiripan, mulai dari tema yang sama-sama menceritakan kehidupan tentang seorang karyawan bank, karyawan bank yang naik jabatan dan ditugaskan untuk mengawasi bank-bank lain, kemudian judul dorama yang memakai nama tokoh utama.

Apabila kata-kata populer yang digunakan Hanzawa Naoki adalah “yararetara yarikaesu, nibai ni shite yaru” atau “apabila aku diperlakukan sesuatu (misal dipermalukan), maka akan aku balas, akan aku beri 2x lipatnya”, maka kata-kata populer yang ada pada dorama Hanasaki Mai ga Damatteinai ini adalah “damatteimasen” atau “aku tidak akan diam saja”.

Pada dorama Hanzawa Naoki dan Hanasaki Mai ga Damatteinai ini juga terdapat banyak perbedaan. Misalnya saja Hanzawa memperoleh jabatan untuk mengawasi korupsi di bank-bank lain, Hanasaki memperoleh jabatan teller biasa dan diangkat sebagai pengawas apabila ada bank bermasalah. Dari segi ceritapun, dorama Hanzawa Naoki disajikan dengan cerita yang berat dan mengharuskan pemirsa dorama untuk berpikir trik-trik didalamnya serta siapa pelaku sebenarnya, sedangkan dorama Hanasaki Mai ga Damatteinai disajikan dengan cerita yang lebih ringan dan memiliki cukup banyak humor didalamnya.

Dorama yang mulai tayang sejak 16 April 2014 ini mendapat rating sebesar 17.2% untuk episode pertamanya, 14.7% untuk episode kedua, 15.4% untuk episode ketiga dan 16.3% untuk episode keempatnya. Sehingga dorama ini memperoleh rating rata-rata sekitar 15.9% dan menempati peringkat pertama dorama di spring season tahun ini. Akiba-kei dan Akiba-chan tertarik untuk mengikutinya?

 

Bagan hubungan antar tokoh
Bagan hubungan antar tokoh
SHARE
Previous articleAKB48 Ajak Fans buat Boneka Teru Bozu untuk Konser Oshima Yuko
Next articleFashion Lolita (Part 1) dengan Detail Aksesoris
やるキ、げんキ、ゆキでーす! 国立スラバヤ大学卒業生(もうすぐ笑)、富山大学日研生でした。 ジャワ語、インドネシア語、英語、日本語。 O型、多趣味、偏見のない、チャレンジ好き、ダジャレ好き、たまに真剣(笑) 音楽:ジャニーズ(特NEWSとKAT-TUN)、アニソン、ボカロ、歌い手 やりたいこと:世界旅(宇宙も) どうぞ気軽にお話をかけてみてください!♪ Hello, Yuki Nyan here~ I've graduated from State University of Surabaya and I've been study abroad in Toyama University. Javanese, Bahasa Indonesia, English, Japanese. Blood type O, multivaried interests, open-minded, love to challenge, love jokes, sometimes being serious (lol) Music: Johnny's Entertainment (especially NEWS and KAT-TUN), Anisong, Vocaloid, Utaite Wanna do: World Journey (and also Space) Feel free to talk me~