Siapa yang belum kenal dengan Aimer. Penyanyi muda asal Jepang ini terkenal dengan lagu-lagu Baladnya. Tahun ini ia datang ke Indonesia pada ajang AFAID 2016. Pada kesempatan tersebut juga, Akiba Team berkesempatan untuk menginterview Aimer. Ia banyak bercerita mengenai perubahan dia dan karya-karyanya. Yuk simak ceritanya!

Q : Album terbarumu berjudul Day Dream, apa pesan yang ingin kamu sampaikan dalam album tersebut?

Aimer : Day dream merupakan album yang dibuat bersama orang-orang yang saya hormati dan pesan yang ingin saya sampaikan dalam album ini adalah saya ingin menghancurkan image saya selama ini dan saya ingin melihat sampai mana saya bisa membawa image baru ini di mata orang lain

Credit : Sony Music Japan
Credit : Sony Music Japan

Q : Siapa sosok yang mempengaruhi karir kamu dalam menyanyi?

Aimer : Saya terpengaruh dari band SPITZ, dan setelah bekwrja sama dengan Taka banyak juga hal yg membawa pengaruh baru saat saya menyanyi

: Apa alasan kamu memilih untuk memberi album-albummu dengan judul yang berhubungan dengan waktu dan runut seperti siklus waktu dari album pertama hingga yang terbaru?

Aimer : Keahlian saya adalah lagu-lagu mellow, album pertama berisi lagu-lagu yang biasa saya nyanyikan sendiri yang saya buat dalam ketenangan, maka saya namakan album tersebut dengan Sleepless Night

Di album kedua saya mulai berkolaborasi dengan Taka sehingga ada hal baru dalam album tersebut. Di album kedua ini saya ingin menunjukkan bagaimana rasanya berjalan-jalan di malam hari bertemu hal baru, makanya saya namakan Midnight Sun

Lalu di album berjudul Dawn saya ingin menunjukkan bagaimana perasaan dalam menyambut pagi

Kesemua album tersebut terkesan runut namun sebenarnya album itu semua benar-benar menunjukkan perasaan dan perubahan yang saya alami.

Q : Saat kamu debut kamu tidak pernah menunjukkan jati dirimu, lalu apa alasan kamu akhirnya menunjukkan wajahmu ke publik?

Aimer : alasan mengapa pertama kali saya debut saya tidak ingin menunjukkan diri ke publik karena saya tidak ingin karya saya terpolusi, saya ingin orang fokus dengan suara saya. Setelah setahun lalu, saya mendapatkan cahaya baru, saya tidak ingin terus terjebak dalam kegelapan. Secara natural saya harus menggapai cahaya tersebut menjadi diri yang baru

Q : Hampir semua lagu yang kamu nyanyikan ditulis oleh dirimu sendiri? Apa yang menginspirasi kamu setiap menuliskan sebuah lirik lagu?

Aimer : saya akan menulis ketika emosi saya sedang memuncak baik pada saat saya sedih maupun pada saat senang

Q : Apa tantangan terbesar saat Aimer menyanyikan lagu dengan beat tinggi, walaupun kamu biasa membawakan lagu balad?

Aimer : Lagu pertama yang saya nyanyikan pertama kali dengan beat tinggi adalah lagu Re.I.Am tantangannya adalah saya harus bisa mengontrol suara dengan beat tinggi

Q : Apa cita-cita yang ingin Aimer gapai dalam karir bernyanyi?

Aimer : Saya ingin bisa terus menyanyi namun tidak hanya menyampaikan kesenangan dalam lagu saya tapi juga kesedihan

Salah satu titik perubahan image menyanyi dia dirasakan oleh Aimer saat menyanyikan lagu themesong Film Gundam Unicorn dan dalam kesempatan tersebut ia merasa beruntung bisa bekerja sama dengan seorang produser yang sudah lama ia hormati.

Selain menyanyi Aimer juga punya keinginan untuk membuat buku bergambar anak-anak. Ternyata pelantun salah satu soundtrack anime No. 6 ini menyukai lagu-lagu artis internasional seperti Avril Lavigne dan Shia. Salah satu karakter anime yang ia suka adalah Rukia dari Bleach karena menurut dia karakter tersebut adalah karakter yang kuat dan ia ingin menjadi seperti Rukia.

Sebelum menutup sesi wawancara Aimer menyampaikan bahwa ia sangat terkesan dengan orang Indonesia yang ramah dan sangat menantikan untuk bisa ke Indonesia lagi pada live concert lainnya.

Penampilannya semalam pada Anisong AFAID 2016 sangat memukau. Ia membuka dengan salah satu single hitsnya berjudul ‘Brave Shine’. Emosi memuncak bersama penonton saat ia menyanyikan lagu ‘Insane’ yang merupakan kolaborasinya bersama Taka (ONE-OK-ROCK)

  • Band yang mempengaruhi Aimer itu SPITZ bukan speed.