Halo akiba-chan dan akiba-kei. Sesuai dengan janji mimin kemarin nih, dalam artikel kali ini mimin akan bocorkan hasil interview bersama cosplayer ganteng Hakken Ryou pada acara Creator Super Fest 2018 kemarin. Buat kalian yang ngefans berat sama dia wajib baca sampai habis ya. Karena disini Hakken Ryou ngobrolin banyak hal lho. Lengkap banget mulai dari kesan pesan sampai tips tips kreatif.

Langsung aja deh ya, yuk simak hasil rangkuman wawancara spesial bersama Hakken Ryou berikut ini:

Hakken-san kan sudah 2x datang ke Indonesia, bagaimana kesan saat disini? Apa hal yang paling anda suka dari Indonesia?

Kotanya modern, dan cuacanya sangat panas, dan masih mirip seperti malaysia, jadi masih merasa mirip-mirip.

Ah, makanannya, saya sangat suka makanannya. Terakhir kali saya ke Bandung, mereka mengenalkan saya dengan sebuah snack?.. hmm bukan snack, seperti sesuatu yang traditional, dan saya sangat menyukai itu. Menurut saya makanan Indonesia sangatlah enak, favosrit saya dan ya, saya suka makanan pedas.

Apa pendapat Hakken-san tentang Jakarta? Tentang Fans di Indonesia?

Mereka sangat antusias, karena minggu lalu adalah ulang tahun saya, dan mereka menyiapkan banyak hadiah untuk saya, dan hal itu sangat cute, dan menunjukan antusiasme mereka. Membuat saya merasa sangat welcome di kota ini.

 

Sudah berapa lama Bercosplay?

Saya sudah bercosplay selama 8 tahun, sejak 2010

Kenapa ingin mulai bercosplay?

Oh, saya sangat terobsesi dengan Naruto saat itu, dan suatu hari saat saya sedang mencari Video di Youtube saya menemukan sebuah cosplay video. Video tentang Akatsuki saat itu, karena saya sangat suka sekali dengan Akatsuki. Dan semenjak itu saya tahu bahwa saya dapat melakukan hal tersebut, semua bisa melakukannya, Have fun dengan hal tersebut. Dan saat itu saya memutuskan untuk mencobanya.

Lalu, apa karakter dari Naruto yang pertama kali dicosplaykan?

Itachi, meskipun tak terlalu bagus, tapi itu jadi kenangan yang indah.

Kenapa memilih melakukan Crossdress saat bercosplay?

A: Karena saya suka Cowok yang ganteng, yah sebenarnya saya lebih tertarik dengan Karakter Cowok. Dan menurut saya pribadi saya tidak cocok untuk bercosplay sebagai cewek. Karena saya pernah mencoba sekitar tahun 2012/2013 saya mencoba cosplay sebagai cewek dan hasilnya sangat jelek, jadi saya memutuskan untuk tidak melakukannya lagi.

Karakter apa yang paling berkesan, dari semua karakter yang pernah dicosplaykan?

Hakken

Favorit saya adalah Howl dari Howl’s Moving Castle. Saya menyiapkan cosplay tersebut sejak 4 tahun yang lalu, 5 tahun sih tepatnya kalau sekarang. Dan saya belum sempat melakukan photoshoot karena sulit untuk menemukan Lokasi yang tepat. Lokasi sangatlah penting bagi saya untuk melakukan photoshoot. Dan baru tahun lalu saya menemukan lokasi yang tepat untuk melakukan cosplay ini di Vietnam, sebuah perbukitan dan terdapat desa bergaya prancis abad 20 yang merupakan setting yang tepat untuk Howl Moving Castle, jadi saya langsung membeli tiket untuk pergi kesana. Ini seperti dream come true untuk akhirnya melakukan photoshoot tersebut, dan cosplay itulah yang saat ini menjadi favorite saya daripada yang lain.

Di Facebook Page banyak unggahan cosplay Vampire Knight terutama anggota night class, dan salah satunya juga Kaname. Apakah ada cerita khusus dibalik itu?

Vampire Knight adalah salah satu Anime masa kecil yang sering saya lihat. Dan Kaname sangat menarik menurut saya. Saya sangat suka vibe yang dihadirkan oleh karakter itu, seperti perpaduan antara misteri, melankolis, pemurah, dan masa lalu yang kelam. Banyak hal yang dipadu untuk membuat karakter ini dan itu sangat menarik bagi saya. Dan dia adalah favorit saya di Vampire Knight. Jadi saya memutuskan untuk mengcosplaykannya saat pertama kali saya cosplay Vampire Knight.

Sedangkan untuk Night Class sendiri, itu karena saya sangat suka sekali dengan Night Class, terutama selain Kaname ada juga Ichido contohnya. Dan menurut saya setiap dari mereka (anggota night class) mempunyai kepribadian dan keistimewaan masing-masing, yang membuat orang-orang menyukainya. Jadi karena hal itulah yang membuat saya ingin mengcosplaykan semua yang ada di Night Class ini.

Karakter apa yang Hakken-san Cosplaykan sekarang dan kenapa Hakken-san memilih karakter tersebut?

Hari ini saya mengcosplaykan Kogitsune Maru dari Touken Ranbu, tapi bukan versi aslinya, ini adalah versi fanartnya. Kenapa bukan Versi Aslinya? Karena ia memiliki pedang, dan banyak sekali armor yang terpasang, dan mungkin akan kurang nyaman bagi saya untuk bergerak, dan pedangnya juga tidak mungkin saya bawa ke Indonesia. Alasan itulah yang membuat saya mengcosplaykan versi fanartnya.

Lalu kenapa saya memilih karakter ini? Saya merupakan fans berat touken ranbu, dan dia selalu menjadi salah satu karakter yang ingin saya cosplaykan, tapi saya hanya pernah mencoba karakter lain dan dia adalah karakter ketiga yang ingin saya cosplaykan, jadi saya memutuskan untuk mengcosplaykannya hari ini.

Dari semua cosplay yang pernah dilakukan, Apa bagian yang dirasa jadi bagian tersulit? Make up, Costume atau yang lainnya?

Sebenarnya yang tersulit adalah mendapatkan feel dari setiap karakternya. Karena setiap karakter, mereka memiliki kharisma tersendiri, vibe tersendiri, serta memiliki Hal-hal unik di setiap karakter. Jadi untuk menangkap hal tersebut, untuk memerankannya secara sempurna, sebenarnya adalah hal yang tersulit bagi saya saat bercosplay. Saat saya cosplay suatu karakter, saya selalu bertanya pada diri saya, Perasaan seperti apa yang ditimbulkan karakter tersebut terhadap saya? Bagaimana saya melihat karakter tersebut? Dan mencoba merasakan karakter tersebut, dan melihat perasaan apa yang diberikan karakter tersebut kepada saya.

Lalu saya mencoba untuk memunculkan perasaan tersebut saat saya cosplay karakter itu. Dan seringkali hal ini sangat menantang, beberapa karakter sangat sulit untuk ditangkap feelingnya. Kadang membutuhkan percobaan beberapa kali. Jarang sekali saya langsung mengupload foto saya dalam sekali shoot. Seringkali saya harus mereviewnya terlebih dahulu dan jika saya tidak puas maka akan ada shoot kedua, ketiga, dan seterusnya hingga saya merasa bahwa saya sudah mendapatkan feel yang saya inginkan dari karakter tersebut. Baru saya akan memposting foto tersebut. Yah, hal itulah yang tersulit sebenarnya.

Apakah Hakken-san sendiri yang membuat konsep dalam sesi Photoshoot?

Ya, kadang saya juga berdiskusi dengan Fotografer saya. Karena fotografer saya juga seorang cosplayer, kami mempunyai pemikiran yang sama, kami juga memiliki ketertarikan yang sama. Setiap kali saya memiliki sebuah konsep saya berbicara dengan dia, dan kami mencoba membahasnya bersama. Biasanya memang konsep dari saya sendiri, tapi kadang dia punya ide yang lebih baik kemudian baru kami menegosiasikannya bersama.

Apakah ada Ritual khusus yang dilakukan sebelum bercosplay? Seperti beberapa cosplayer misalnya harus menonton Animenya atau Full series nya terlebih dahulu, adakah hal seperti itu?

Saya tidak benar-benar melihat anime seperti itu sebelum saya bercosplay. Tapi saya benar-benar melihat karakternya like a lot. Saya set wallpaper HP saya dengan karakter yang akan saya cosplaykan berikutnya. Dan setiap kali saya melihat HP, saya akan teringat karakter tersebut. Dan saya rasa hal tersebut dapat membantu saya saat melakukan photosoot atau melakukan make up nya nanti.

Apakah ada suka dan Duka Selama bercosplay?

Tentu saja ada, sukanya adalah saya sangat senang saat saya menemukan orang dengan kesukaan yang sama dengan saya dan juga suka dengan karakter yang sama. Meskipun saya juga senang setiap kali saya melakukan photoshoot atau berpergian seperti ini. Namun hal utama yang membuat saya paling senang adalah bisa bersama dengan teman-teman saya, kita membahas tentang pengalaman-pengalaman berbeda dalam cosplay, kita berbagi pengalaman dan kadang kita bercosplay bersama. Hal itulah yang membuat saya bahagia mempunyai orang-orang seperti itu disekitar saya.

Dan hal sedihnya adalah, sebagai public figure kita tidak bisa menghentikan orang-orang untuk judging. Awalnya saya cukup serius menanggapi hal tersebut, namun sekarang saya sudah tidak terlalu memperdulikannya lagi. Pada awal tersebut kadang, sangat menyakitkan bagi saya, dan membuat saya sedih, namun semakin kesini saya sudah merasa lebih baik. Dan sekarang saya sudah tidak mempermasalahkan hal tersebut lagi. Mungkin kritik memang bagus untuk membuat kita improve, namun kadang ada kata-kata kasar, benar-benar kasar bahkan hanya sekedar mencela bukan hanya dirimu tapi keluargamu dan lainnya, itu sangatlah awful. Jadi itulah menurut saya yang membuat saya sedih sebelumnya, tapi sekarang saya bahagia, dan tidak mempermasalahkannya.

Apakah ada cosplayer yang Hakken-san idolakan?

Cosplayer Favorit saya adalah LALAax dari Tiongkok, Alasan kenapa saya sangat suka dia adalah karena di cosplaynya kamu bisa merasakan kejujuran dan usaha yang dicurahkan ke dalam setiap cosplay maupun projectnya. Dan hal itu sangat menginspirasi saya, dan menurut saya LALAax merupakan inspirasi dan role model yang bagus bagi saya di dunia cosplay ini.

Apakah ada saran yang bisa diberikan untuk Cosplayer yang ingin bisa Cosplay seperti Hakken-san?

Sebenarnya cukup do your best saat bercosplay, perlakukan karakter secara jujur, dan just do it. Jika kamu ingin melakukannya maka lakukanlah secara jujur.

Nah, itulah hasil wawancara yang mimin lakukan dengan si Ganteng Hakken Ryou. Kalau kalian masih merasa penasaran bisa loh mengunjungi Hakken Official Facebook Page (Click Here) 🙂

Comments