Sousenkyou AKB48 adalah acara besar yang pastinya sangat dinanti-nantikan baik oleh para sister group maupun fans dari idol group AKB48 tiap tahunnya. Ajang yang disebut-sebut merupakan ajang pembuktian siapakah member yang paling pantas untuk menjadi center AKB48 Group dan yang paling banyak menarik perhatian para fans ini sudah diadakan sejak tahun 2009 silam. Pada saat itu, Atsuko Maeda yang merupakan member legendaris AKB48 terpilih sebagai center untuk single ke-13 AKB48 yang bertajuk “Kamisama ni Chikatte Gachi Desu”.

Baca juga: Imaizumi Yui Putuskan Hiatus dari Keyakizaka46

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, di gelaran kesembilan Sousenkyou AKB48 Group ini, ada beberapa nama member pentolan 48 Familly yang sengaja absen hingga ada pula yang memilih untuk mengundurkan diri. Mereka yang memilih untuk absen diantaranya adalah Iriyama Anna (AKB48), Kodama Haruka (HKT48/AKB48), Yamamoto Sayaka (NMB48) hingga Kashiwagi Yuki (AKB48). Sedangkan member yang baru-baru ini mengumumkan pengunduran dirinya adalah Muto Tomu (AKB48). Sebenarnya, ada lebih dari 30 nama member 48 group yang tidak mendaftarkan dirinya pada gelaran ini selain yang telah disebutkan diatas. Ada apakah gerangan?

sousenkyou akb48
Senbatsu Sousenkyou AKB48 2016

Alasan beberapa member yang tak mengikuti hingga mengundurkan diri dari ajang bergengsi ini pun beragam. Untuk Iriyama Anna dan Yamamoto Sayaka sendiri beralasan bahwa guna menepati perkataan mereka yang kala itu menyebutkan bahwa Sousenkyou AKB48 yang kedelapan (tahun lalu) merupakan yang terakhir bagi diri mereka, sehingga tahun ini hingga seterusnya, mereka tak akan lagi mengikutinya. Alasan berbeda diungkapkan oleh Kashiwagi Yuki, member yang sudah menduduki senbatsu sejak tahun-tahun awal Sousenkyou AKB48 diadakan. Melalui akun twitternya ia menyatakan bahwa alasannya tahun ini tidak mengikuti sousenkyou adalah karena dirinya sedang memikirkan banyak hal. Sedangkan Kodama Haruka sejak 25 Februari lalu telah menghilang dari aktifitas grup karena kondisi kesehatan yang kurang baik, sehingga tak dapat mengikuti sousenkyou tahun ini.

sousenkyou akb48
AKB48 Tim K – Muto Tomu

Berbeda dengan keempat member diatas, Muto Tomu, member yang saat ini aktif sebagai salah satu bagian dari Tim K AKB48 baru-baru ini mengumumkan pengunduran dirinya dari Sousenkyou AKB48 2017 melalui akun twitternya.

“Meskipun aku telah mendaftarkan diri di Sousenkyou AKB48, tapi sekarang aku telah mengundurkan diri. Untuk satu tahun ini aku ingin berusaha meningkatkan kemampuanku agar dapat memberikan lebih banyak kontribusi bagi AKB48.” tulis member yang menduduki peringkat kesepuluh Sousenkyou AKB48 2016 silam.

Dengan ketidak hadiran beberapa nama member ‘langganan’ senbatsu kali ini, pastinya akan membuka peluang yang semakin besar untuk member-member lain dalam memperebutkan kursi center untuk single ke-49 AKB48 nantinya. Siapakah member yang nantinya mampu mencuri posisi Sashihara Rino tahun lalu? Ataukah posisi tersebut tetap dijabat oleh member yang sama? Hasil tersebut dapat kalian ketahui setelah pengumuman hasil Sousenkyou AKB48 2017 digelar pada 17 Juni mendatang yang bertempat di Toyosaki Seaside Park, Okinawa, Jepang.

Info lebih lengkap mengenai Sousenkyou AKB48 2017 ini dapat kalian akses disini.

Keep update with everything about Japan, by always reading from akibanation.com!

Comments

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here