Fujio Masuoka (舛冈富士), lahir 8 Mei 1943, Takasaki, Gunma ia lahir pada tanggal 8 Mei 1943, di Kota Takasaki, Gunma, Jepang, dia adalah penemu dari flashdisk memory. Ketika ia berusia 10 tahun, ibunya mendorong dia untuk belajar matematika dan menyewa seorang guru pribadi. Pada saat ia berusia 12 tahun, Masuoka berhasil menguasai matematika. Di sekolah tinggi, Masuoka terkonsentrasi pada teori, percaya bahwa kemajuan teknologi atau elektronik dicapai hanya melalui kerja teoritis. Sebagai hasil dari studinya, Masuoka juga mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang ekonomi dan hukum. Beliau meraih gelar Bachelor of Science, Master of Science dan PhD di bidang teknik listrik dari Tohoku University masing-masing di tahun 1966, 1968 dan 1971. Segera setelah lulus, Masuoka bergabung Toshiba Research and Development Center pada bulan April 1971.
Masuoka
Selama 3 bulan menjalani pekerjaan barunya, Dr Yoshiyuki Takeishi yang merupakan pimpinan perusahaan Toshiba menunjukkan sebuah Memori Ultraviolet Erasable Intel Elektrik Programmable (UV EPROM) kepada Masuoka, kemudian ia tertarik untuk mempelajari teknologi Intel tersebut, dan hanya butuh waktu 2 bulan ia berhasil menemukan sebuah struktur baru, yakni sebuah memori jenis MOS read-only memori yang dikenal dengan nama Samos dan menjadi hak paten pertama Masuoka di tahun 1972.
eprom
Antara 1972 dan 1984, Masuoka membuat terobosan memori lain yang signifikan, pasangan sel memori dinamis dengan struktur poli-silikon ganda. Pada tahun 1977, ia pindah ke divisi semikonduktor Toshiba, di mana ia mengembangkan sebuah memori 1 Mbit DRAM.
Masuoka kemudian dialihkan ke divisi produk rekayasa memori Toshiba pada tahun 1980 untuk memulai karyanya pada pengembangan memori flash. Ia kemudian bergeser ke divisi desain memori rekayasa Toshiba pada tahun 1984, di mana ia menyempurnakan dan dipatenkan memori flash NOR. Dia mempresentasikan temuannya pada Pertemuan International Electron Device (IEDM) di San Francisco. Setahun kemudian, ia berkembang ke flash memory 256 Kbit. Pada bulan April 1987, Masuoka kembali ke Toshiba Research and Development Center, di mana ia mulai berhasil mengembangkan lebih maju NAND-type flash memory cikal bakal flash disk. Meskipun terobosannya, flash belum siap untuk komersialisasi.
Flash-Disk

Untuk membuat dan memproduksi pra-fabrikasi komersial chip memori flash 4 Mbit, Masuoka membutuhkan biaya sekitar 10 juta yen. Biaya tersebut dibutuhkan untuk mengembangkan teknologi tinggi yang diproyeksikan untuk berbagai pola sirkuit pada setiap lapisan mikroprosesor. Pada awalnya Toshiba enggan berinvestasi, namun kemudian Masuoka berusaha meyakinkan Toshiba’s consumer electronics research executives bahwa chip flash memori 4 Mbit dapat digunakan bahkan oleh kamera digital sekalipun. Dengan pendanaan yang dibantu oleh divisi elektronik konsumen Toshiba, Masuoka terus mengembangkan dan mempresentasikan flashdisk 4 Mbit NAND-type flash memory pada Konferensi Solid-State Sirkuit Internasional (ISSCC) di New York City pada 1989.

Tidak sampai empat tahun kemudian, setelah promosi, bahwa ia mampu untuk memproduksi memori flash pertama. “Aku sekarang sudah cukup senior bahwa aku bisa pergi ke pabrik tanpa izin dan memerintahkan mereka untuk membuat saya satu,” katanya. (Promosi Nya dihasilkan dari inovasi yang ia buat dalam bekerja pada perbaikan inkremental dalam teknologi DRAM.)

#1/TK280sp #2/TK280Tpen #3/TK280noSP
Masuoka, sekarang menjadi profesor di Universitas Tohoku di Sendai di Jepang utara, mengharapkan untuk memiliki karya terakhir. Sejak berhenti Toshiba pada tahun 1994, ia telah bekerja pada apa yang ia harapkan akan menjadi penemuan yang lebih penting “tiga dimensi berbasis silikon semikonduktor,” katanya, yang akan meningkatkan kapasitas semikonduktor dengan sepuluh faktor. Jika penemuannya bekerja saat ia mengatakan  Intel bisa membuat sebuah chip 20ghzPentium dengan peralatan yang sekarang digunakan untuk membuat chip 2ghz Hal yang sama akan  semikonduktor lain, seperti DRAM. Hal ini juga akan menunda hingga 30 tahun, sampai 2040, saat proses semikonduktor silikon mencapai batas teoritis mereka. Biaya per bit akan menjadi sepersepuluh dari biaya saat ini,