Konsol game Playstation buatan Sony adalah salah satu konsol game terkemuka dan mungkin telah menjadi yang paling terkenal saat ini di dunia. Dan mereka juga telah bertahan begitu lama dari generasi ke generasi. Dari Playstation pertama, kemudian PS2, PS3, dan saat ini dengan PS4. Dan bagi fans konsol tersebut bisa bersiap-siap, karena baru diumumkan kalau konsol PS berikutnya, Playstation 5, akan dirilis pada tahun 2020.

Sebelumnya Sony dan majalah Wired telah memberikan beberapa info teaser dari konsol baru ini, yang sebelumnya tak memberikan nama konsol tersebut, tapi kini mereka mengkonfirmasi konsol itu memang benar akan memiliki nama yang sederhana dan efektif, Playstation 5.

Dikonfirmasikan lagi juga kalau PS5 akan memakai chip AMD dan GPU dalamnya berupa variasi Navi Radeon dan juga memakai SSD atau Solid State Drive. Tapi tak hanya itu info baru yang diberikan melalui blog Playstation dan juga majalah Wired.

Dikatakan juga kalau PS5 membaca media fisik melalui 4K Blu-Ray Drive, dengan user interface yang lebih memberi info game yang dimainkan, termasuk soal multiplayer. Dan mengenai game PS5, dikatakan kalau seperti game konsol masa kini, perlu di-install dulu, dan player akan memiliki kontrol yang lebih rinci akan bagian game yang ingin di-install atau uninstall.

Game PS5 dikatakan akan dirilis pada disk 100GB, dan telah diberikan nama satu developer yang mengembangkan game PS5, yaitu Blupoint Games, developer remake game Shadow of Colosuss, dan mereka sedang mengerjakan sebuah projek besar.

Tapi sorotan utama dari pengumuman tersebut, adalah mengenai fitur yang dimiliki Controller PS5. Diantaranya adalah haptic feedback yang menggantikan teknologi rumble, membuat player mendapatkan feedback yang lebih luas seperti merasa saat mobil tertabrak dan bahkan bisa merasa tekstur tanah yang diinjak.

Kedua adalah Adaptive Trigger yang dipasangkan pada tombol pelatuk (R2/L2) dimana developer game dapat membuat rasa tahanan seperti saat berusaha menarik anak panah atau mengebut pada tanah off road, yang bisa memberi sensasi aksi yang lebih beragam bersama Haptic Feedback.

Sayangnya belum diberikan foto-foto konsol kece ini jadi tampilannya masih misterius, tapi setidaknya kita sudah tahu jadwal perilisannya, yaitu pada Holiday Season 2020 nanti! Jadi kemungkinan bentuk fisik PS5 mungkin akan diberikan dalam waktu dekat.