Ada yang sudah beli konsol generasi baru Sony Playstation 5? Selamat bagi para gamer yang sudah punya. Tapi kedatangan konsol baru yang mantap tersebut juga membawakan kabar yang tak mengenakkan bagi konsol generasi pendahulunya. Karena baru-baru ini dikabarkan kalau Sony akan menghentikan produksi untuk beberapa model dari konsol Playstation 4 termasuk PS4 Pro, dengan PS5 menjadi alasannya.

Konsol Playstation 5 pertama diluncurkan beberapa bulan lalu pada tanggal 11 November 2020 di Jepang, yang dilakukan lumayan mewah dengan sampai diadakan event penampilan light show dari sore hingga tengah malam pada Kuil Kanda di Tokyo.

Dan konsol tersebut juga terlihat lumayan ramai dan populer di Jepang, dengan angka penjualan Playstation 5 dalam periode 4 minggu pertamanya dikatakan memecah rekor penjualan konsol Playstation tertinggi dengan angka mencapai 3.4 juta.

Tapi momen itu jadi terasa pahit manis dengan Sony mengumumkan kalau mereka juga menghentikan jasa servis perbaikkan pada dua model awal PS4. Yaitu untuk model CUH-1000 dan CUH-1100. Dan sayangnya kabar buruk untuk konsol pendahulu Playstation 5 itu berlanjut lagi dengan pengumuman baru dari Sony.

Dengan seperti yang dikatakan diawal, Sony mengumumkan kalau mereka telah menghentikan produksi dari berbagai model konsol Playstation 4 yang ada di region Jepang. Spesifiknya mereka menghentikan produksi untuk model konsol Playstation 4 Pro dan juga semua model Playstation Slim, kecuali untuk Playstation 4 Slim warna jet black.

Ini berarti selain Playstation 4 Slim hitam, Sony kini telah menghentikan produksi untuk semua konsol Playstation 4 di Jepang. Mengenai keputusan tersebut, Sony mengatakan kalau mereka akan menggunakan line produksi yang telah dikosongkan untuk menambahkan produksi dari konsol generasi baru Playstation 5 mereka.

Keputusan yang lumayan dapat dimengerti dengan adanya berbagai faktor, mulai dari rival mereka Nintendo dengan konsol Switch telah mengalahkan konsol Playstation 4 Pro di Jepang dalam hal angka penjualan, belum lagi dengan Playstation 5 juga bisa backward compatible dan memainkan game-game Playstation 4, walau tidak semuanya.