Beberapa waktu lalu ada kejadian yang menarik pada seri game Senran Kagura. Game baru mereka Senran Kagura Burst Re:Newal kena delay untuk versi PS4 karena Intimacy Mode pada game itu akan dihilangkan. Pensensoran macam itu memang agak wajar, tapi yang menariknya adalah game Senran Kagura Refle yang lebih ecchi malah tak ada masalah dirilis di Nintendo Switch. Dan baru-baru ini ditemukan hal lain yang membuat Sony terasa lebih ketat ke game Ecchi.

Dan itu adalah pada kabar dari developer game Jepang Light, creator VN Dies Irae. Mereka mengatakan kalau mereka sedang berusaha merilis port game mereka yang berjudul Silverio Trinity untuk konsol Sony, tapi aplikasi yang mereka serahkan belum lewat juga.

Mereka menyinggung kalau Sony memiliki aturan baru mengenai game 18+ dan mereka merasa kalau Sony tidak memperbolehkan mereka merilis game 18+ secara internasional. Dikatakan juga kalau karena game mereka 18+ jadi dilakukan pemeriksaan yang ketat, dan mereka perlu menjawab pertanyaan yang diberikan dalam bahasa Inggris.

Ketegasan Sony saat ini memang sudah lumayan terlihat dengan game Omega Labyrinth Z yang lokalisasi baratnya dibatalkan. Jadi apakah itu berarti masalahnya adalah cabang Sony dari barat yang lebih ketat daripada Jepang? Ternyata tidak juga, dan itu terlihat dari port visual novel ecchi Nora to Ojou to NoraNeko Heart.

Visual novel itu dulunya berasal dari PC, yang tidak ada sensor, tapi pada port PS4 game NoraNeko yang dirilis tahun 2018 ini, mereka kena sinar sensor. Dan ini bukan sensor kecil-kecilan, tapi bagaikan cahaya suci dari langit menutup bagian yang ingin dilihat mata player 😀 Sementara itu, game tersebut juga di-port ke Nintendo Switch, dan tidak kena serangan sensor macam port PS4 itu.

Hal ini membuat mereka yang melihatnya jadi bercanda, serasa seperti adanya pertukaran jati diri antara Sony dan Nintendo saat ini. Karena dulu-dulunya justru Nintendo yang terkenal melakukan sensor pada game mereka, apalagi pada versi lokalisasi barat.

Sekarang? Kita telah melihat kalau Nintendo semakin berani merilis game-game yang dewasa untuk Switch seperti Senran Kagura Refle dan Shin Den Ai. Bahkan game Omega Labyrinth yang gagal lokalisasi di PS akan dibuat untuk Switch.

Dan tak hanya game ecchi yang melibatkan para wanita, eroge yaoi yang hardcore juga ada yang akan dirilis untuk Switch, yaitu game Omega Vampire (tak ada hubungan dengan Labyrinth) tahun 2019 nanti.

Comments