Content provided by Keepo. Smartphone tentu aja sekarang menjadi salah satu benda yang paling sering dipake sama kalian, apalagi karena kebutuhan komunikasi dan hiburan yang semakin tinggi. Sayangnya, tentu saja benda yang satu ini punya kelemahan, dan pada beberapa kasus smartphone, cepat panas menjadi hal yang sangat mengganggu penggunanya.

Banyak penyebab yang bisa membuat cepat panas smartphone ini, dan salah satunya mungkin karena kalian sudah terlalu lama bermain game, mencari sinyal, dan karena pengguna charger yang tidak sesuai dengan standar pabrikan. Nah, kalo kalian mengalami panas berlebih pada smartphone, jangan khawatir dulu, karena ada beberapa tips yang bisa kalian coba untuk mengatasi smartphone yang panas:

More article from Keepo.

1 – Melepas Casing Smartphone

Cepat Panas

Kalau smartphone yang kalian pakai menggunakan casing, bisa mencoba untuk melepaskannya karena sebenarnya secara nggak langsung, casing ini “menjebak” panas yang seharusnya keluar dari smartphone kalian. Jadi, ketika cepat panas, ada baiknya untuk melepas casing selama beberapa saat.

2 – Hindari Ngecharge Semaleman

Hindari Ngecharge Semaleman

Kalo yang satu ini pasti kalian udah tau kan bahayanya gimana? Selain bikin baterai smartphone menjadi rusak, efek karena di charge semaleman juga bisa bikin komponen smartphone menjadi panas, jadi hindari dan charge dengan waktu yang diperlukan saja ya!

3 – Tutup Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Tutup Aplikasi Yang Tidak Diperlukan

Beberapa aplikasi kadang menggunakan resource smartphone secara berlebihan, dan tentu aja ini akan membuat berat kinerja mulai dari CPU, GPU dan RAM smartphone yang akhirnya membuat daya menjadi boros dan baterai pun menjadi panas. Jadi, tutup aplikasi yang sedang tidak kalian buka untuk menghidari panas dari ini ya!

4 – Menggunakan Charger Original

Menggunakan Charger Original

Charger KW emang sih harganya jauh lebih murah daripada menggunakan yang aslinya, namun resiko dan bahayanya nggak sebanding loh! Selain meningkatkan resiko korsleting, menggunakan charger KW alias palsu ini juga bikin berat kinerja dari baterai smartphone sehingga menimbulkan panas berlebih pada smartphone.

5 – Hapus File Sampah dari Smartphone

Hapus File Sampah dari Smartphone

Segala file sampah yang ada dismartphone, mulai dari cache hingga cookies ternyata juga bisa menjadi masalah panas berlebih jika terlalu banyak menumpuk pada smartphone kita. Nggak perlu bingung caranya kok, karena udah banyak aplikasi yang menyediakan fitur ini, misalnya Files Go, dan CCleaner.

Ternyata, mengatasi panas berlebih pada smartphone nggak se-sulit yang dibayangkan kan? Semoga, kedepannya smartphone kalian bisa lebih adem setelah mengikuti beberapa tips diatas. Selamat mencoba!

Comments