Selain teknologi VR, belakangan ini negara Jepang juga mulai memberikan perkembangan akan teknologi artificial intelligence atau A.I. Seperti memakai A.I. untuk membantu menggambar manga atau dipasangkan pada mainan atau gadget supaya bisa berbicara atau berinteraksi dengan pemiliknya. Kali ini ada kabar gadget A.I baru lagi dari Jepang, yaitu dengan munculnya alat Speaker Clova Doraemon.

Clova, yang merupakan singkatan dari Cloud Virtual Assistant, adalah A.I. Assistant yang dikembangkan oleh perusahaan Naver dan LINE, yang bermula dalam bentuk app untuk Android dan juga iPhone, yang pertama kali diumumkan tahun 2017 lalu.

Tak lama setelah itu, A.I tersebut kemudian dipakai dalam gadget bernama Wave speaker, yang selain dirilis di Korea, dipasarkan juga di Jepang dengan nama Line Wave. Membuatnya serupa dengan gadget A.I. speaker Alexa buatan Amazon.

Dan setelah itu, smart speaker tersebut dibuat juga dalam bentuk tema karakter LINE, yang mina-san pengguna LINE pasti sudah kenal. Dan sekarang telah diumumkan kalau ada karakter lain yang akan muncul dalam bentuk speaker tersebut.

Karakter tersebut, adalah masa kecil kita-kita nih mina-san 😉 si robot kucing biru Doraemon. Dan berbeda dengan speaker yang sebelum-sebelumnya, untuk speaker Clova Doraemon ini memiliki fitur bernama Doraemon Talk. Sesuai dengan nama itu, pengguna speaker Clova Doraemon dapat berbicara dengan speaker tersebut, seperti sedang berbicara dengan karakter Doraemon.

Contohnya, jika pengguna mengatakan sedang kegerahan, speaker Doraemon tersebut dapat merespon dengan bertanya apakah mau memakai Eskimo Ekisu, salah satu alat ajaib Doraemon yang dapat membuat suhu terasa turun sampai 3 derajat celcius. Selain itu, speaker itu juga akan bereaksi pada kata Dorayaki, dan kata Nezumi atau tikus.

Dan ada respon lain-lain lagi yang dapat diberikan oleh speaker Clova Doraemon itu. Developer juga mengatakan kalau mereka berencana menawarkan software update berisikan tambahan konten setelah perilisan.

Speaker Clova Doraemon ini dijual seharga 5.400 Yen, akan tetapi ada juga versi lain lagi yang dijual oleh Rakuten dan Museum Fujiko F Fujio seharga 19.872 Yen. Versi itu memberikan bonus aksesori berupa kostum bajak laut, yang dipakai Doraemon dalam movienya tahun 2018 ini.

Sampai lebih dari tiga kalinya ya harganya, tapi itu sepadan, karena versi bajak laut tersebut dijual terbatas sebanyak 200 speaker. Keren juga ya mina-san, alat yang bagus untuk fans seri klasik Doraemon 😉 ada yang minat beli?