Selain produk merch macam baju atau figure atau item life-size yang dijadikan nyata, seri animanga atau game populer dapat hadir juga sebagai tema untuk produk teknologi canggih. Dan cocok dengan produk macam itu, adalah seri mecha terkenal Gundam, yang dikabarkan menjadi tema untuk produk Smart Audio Glasses, sebuah kacamata yang tak hanya kece tapi juga memiliki fitur elektronik yang canggih.

Kacamata smart tersebut adalah hasil kolaborasi seri Gundam bersama Owndays dan mereka merilisnya dalam dua versi. Satu adalah model E.F.S.F. berwarna abu-abu bergaris biru yang merupakan warna untuk mobile suit Gundam RX-78-2 yang ikonik dan dipiloti Amuro Ray.

Sedangkan untuk versi yang satu lagi adalah model ZEON dengan warna hitam bergaris merah yang merupakan warna dari mobile suit Zaku II Custom yang dipiloti oleh Char Aznable sang rival berat dari Amuro yang tak kalah ikonik.

Tapi apa yang membuat kacamata Gundam tersebut Smart dan canggih? Nah petunjuknya sudah terlihat pada namanya, Smart Audio Glasses, yang terhubung dengan suara. Tepatnya, kacamata tersebut dapat mengeluarkan dan menerima suara, jadi itu adalah kacamata yang sekaligus berfungsi sebagai headset!

Jadi pada kacamata tersebut telah terpasang speaker dan juga mike, membuat pemakainya dapat mendengarkan lagu, atau juga bisa menjawab telepon dari hape. Dan tentunya dengan perkembangan teknologi saat ini, kacamata tersebut dapat dipakai secara wireless, yang dapat dihubungkan pada smartphone atau juga laptop.

Pemakaiannya sedikit mirip bagi dengan Airpod pada iPhone dimana untuk menjawab telepon atau menyalakan lagu adalah dengan melakukan tap pada bingkai kacamata tersebut. Dan makin sesuai dengan kata Smart disitu, dengan tap 2x dapat mengaktifkan voice assistant pada kacamata tersebut, dan kacamata itu juga otomatis off jika dilepas dari wajah.

Owndays telah merilis kacamata Gundam smart tersebut sejak akhir minggu lalu, dan sayangnya sesuai dengan kecanggihan dan kekerenan dari produk tersebut, harganya memang lumayan mahal. Yaitu sebesar 23.000 Yen atau sekitar 3.1 juta Rupiah.