Electronic Sport sedang populer saat ini di berbagai negara, tak hanya Amerika tapi juga berbagai negara Asia, dan begitu juga Jepang. Sudah terlihat dengan semakin bertambahnya fasilitas yang terhubung dengan pengajaran esport, contohnya tempat mengajarkan esport untuk orang-orang lansia. Dan contoh yang baru lagi adalah baru-baru ini dikabarkan sebuah sekolah SMA perempuan yang mendirikan klub eSport.

Sekolah tersebut adalah SMA Jin-Ai yang terletak pada kota Fukui, dimana sekolah itu baru mendirikan klub eSport tersebut dari bulan Oktober lalu. Hal tersebut lumayan menarik perhatian media, karena mendirikan klub macam itu adalah sesuatu yang langka bagi sekolah perempuan.

Klub tersebut bisa ada sebagai hasil dari terbentuknya organisasi eSport pada Prefektur Fukui tahun lalu untuk menyebarkan kesadaran akan eSport, yang mendorong dibuatnya klub eSport untuk dibentuk pada sekolah-sekolah disitu.

Lalu bagaimanakah kondisi klub tersebut? Dijelaskan kalau klub itu jadi bermarkas pada ruangan yang tadinya adalah kantor publik relasi sekolah tersebut, yang dengan diubah jadi klub itu kini jadi terpasangkan enam kompuler bagi para anggotanya untuk bermain dan berlatih.

Yang mungkin agak mengejutkan adalah klub itu memiliki anggota yang agak banyak, total ada sampai 12 murid. Salah satu anggota klub itu mengatakan kalau dalam eSport yang penting adalah memakai otak tak peduli player itu pria atau wanita, sesuatu yang dikatakan juga oleh Mayu sang ketua klub yang menambahkan kalau bisa ada juga player wanita dalam tim profesional.

Yang menarik lagi adalah tak seperti keadaan sosial antara siswa di Jepang yang memiliki hirarki senpai kohai, para anggota klub tersebut terasa memiliki derajat yang sama, dimana mereka bisa saling memberi direksi saat main bersama. Satu anggota lain lagi mengatakan ia merasa hal itu jadi meningkatkan kemampuan komunikasi semuanya.

Sesuatu yang terasa bagus, apalagi dikatakan kalau hal yang penting dalam klub tersebut adalah pembelajaran yang diterima pada klub itu, walau mereka juga berencana mencoba memenangkan kompetisi nasional. Mungkin nantinya bisa ada animanga ala K-On soal esport ya 😉