Fiksi bisa jadi refleksi akan dunia nyata atau bisa berdasarkan sebuah situasi yang bisa terjadi pada dunia nyata, tapi dengan perkembangan yang bisa menuju kearah yang lebih tragis atau lebih happy. Itu juga berarti jika ada situasi kisah animanga fiksi yang terjadi secara nyata bisa jadi menuju akhir yang tidak seperti originalnya. Dan hal itu terjadi baru-baru ini, dimana sebuah situasi real life kisah HigeHiro terjadi pada seorang pria Jepang, tapi dengan akhir yang lebih negatif.

Higehiro itu sendiri adalah light novel dengan judul lengkap Hige wo Soru soshite Joshikousei wo Hirou, yang saat ini sedang lumayan populer dengan penayangan adaptasi anime dari novel tersebut yang tayang musim ini, dan juga dapat ditonton di Asia Tenggara termasuk Indonesia melalui channel Youtube Muse Asia.

Mengisahkan seorang salaryman dengan nama Yoshida yang suatu malam mabuk-mabukkan karena cintanya ditolak. Ia kemudian menemukan seorang gadis SMA bernama Sayu yang kabur dari rumah. Sayu kemudian menawarkan untuk tidur bersama Yoshida dengan bayaran untuk boleh tinggal bersamanya. Yoshida memperbolehkannya, tapi dengan bayaran berupa tawaran kerja.

Tapi balik pada topik utama, baru-baru ini muncul berita kalau ada situasi nyata seperti HigeHiro yang terjadi pada seorang laki-laki Jepang berumur 29 tahun dengan nama Komiya Takeharu. Ia bertemu dengan seorang siswi perempuan melalui medsos yang ingin kabur dari rumah, dan meminta Komiya untuk pergi ke tempat tinggalnya.

Komiya setuju, dan siswi perempuan itu pergi dari rumahnya di Saitama ke kondominium yang ditinggali Komiya di Tokyo. Mereka tinggal bersama dan tak diketahui detailnya apa yang mereka lakukan dalam periode itu.

Tapi setelah empat hari ending yang lebih sedih datang, dengan Komiya jadi ditangkap polisi yang mencari siswi itu. Dikatakan kalau orang tua siswi tersebut menelepon polisi saat ia tidak pulang-pulang sampai malam, dan pencarian polisi sampai pada tempat Komiya.

Sesuatu yang menarik dan sempat dikomentari para netizen Jepang adalah ternyata Komiya bekerja sebagai pengacara, dan seharusnya tahu ada hukum akan tindakan yang dilakukannya itu tapi tetap melakukanya. Yang jelas, terlihat kalau dunia nyata tidak semulus dunia fiksi dan anime.