Netflix adalah salah satu nama jasa streaming dan distributor terbesar saat ini, dan beberapa tahun belakangan ini terlihat kalau mereka perlahan berusaha memanjakan fans animanga dengan tak hanya menyiarkan banyak anime tapi juga semakin terlibat dalam industri anime di Jepang. Hal ini ada sisi positif, tapi juga ada negatifnya, yang baru-baru ini diberikan oleh beberapa orang dalam industri anime yang terlibat dalam bisnis Netflix anime.

Pengakuan ini diterbitkan oleh website berita Touyou Keizai dimana mereka melakukan wawancara bersama dengan beberapa orang yang telah memiliki pengalaman dalam bekerja bersama dengan Netflix mengenai marketing dan dalam memproduksi anime original Netflix.

Dari hasil wawancara itu, dapat disimpulkan kalau dunia anime masih segan dalam melakukan kerjasama dengan Netflix, dikarenakan adanya beberapa poin negatif dari kerjasama tersebut yang jatuh pada pihak Netflix.

Satu orang yang diwawancara mengatakan kalau “jika anime itu sukses maka Netflix yang menang, tapi jika anime itu tidak sukses maka tim produksi anime tersebut yang menang” yang dikarenakan licensing deal Netflix, yang membuat creator anime itu tidak mendapatkan keuntungan royalti mau sebanyak apapun anime itu ditonton di Netflix.

Dan bicara soal view, isu lain mengenai Netflix adalah mereka tidak memperlihatkan angka view sama sekali pada partner bisnis mereka, dan ini membuat melakukan negosiasi harga untuk licensing deal anime berikutnya jadi sulit dilakukan karena tak ada data untuk memperkirakan harga jual.

Masalah lain lagi adalah Netflix hanya menangani jasa streaming, yang berarti membuat ada saat dimana tim produksi jadi kesulitan dalam menjual hak cipta untuk merch, game, dan lain-lain, yang membawa kesulitan bagi industri yang keuntungannya berdasarkan dari hasil tambahan pada penjualan mix media sebuah franchise.

Tapi wawancara itu juga memberikan sisi positif berbisnis dengan Netflix, diantaranya adalah menjadi jembatan creator anime Jepang dan artist luar. Dan angka penjualan licensing deal streaming Netflix juga memang besar, dengan licensing deal satu episode anime populer bisa mencapai 70 jutaan Yen dimana biaya produksinya umumnya sebesar 20-an juta Yen.