Halo, minna-san! Ada kabar baik buat kalian yang terobsesi menjadi Voca-P dengan kualitas musik yang mumpuni! Bermusik memang suatu hal yang banyak ditekuni, khususnya remaja saat ini yang senang nge-band ataupun menjadi utaite. Ada baiknya jika kamu eksplor lagi bakat dan kemampuanmu di bidang ini dengan memadukan lagu-lagu kerenmu dengan Vocaloid! Mengapa tidak? Buktinya sekarang pasar doujin musik khususnya Vocaloid, sudah mulai diminati dan pasarnya pun terus berkembang. Misalnya saja album-album dari salah satu komunitas Vocaloid di Indonesia, VOCAPOST! Album pertama mereka yang diberi nama “VOCALO.ID” ini begitu melejit di awal perilisannya hingga menyita perhatian dari banyak kalangan dengan tanggapan yang beragam. Salah satu lagu di album tersebut yang berjudul “Venus di Ujung Jari” karya mohax_2000 adalah yang paling fenomenal karena lagu ini ternyata satu-satunya lagu Vocaloid berbahasa Indonesia yang dinyanyikan di event “Miku Expo in Indonesia” tahun 2014 lalu. Wow, sebuah prestasi yang sangat mengagumkan!

Sebuah karya gemilang dari VOCAPOST tersebut telah membuka lebar kesempatan bagi para musisi-musisi muda yang ingin mengembangkan kualitas bermusik bersama Vocaloid. Saat ini, lagu-lagu dari VOCAPOST masih terus berproduksi dan siap bersaing dengan album-album Vocaloid dunia lainnya. Album paling terbaru dari VOCAPOST adalah sebuah album kompilasi yang diberi nama “Miku’s Birthday Tumpeng Party” yang dirilis bertepatan dengan hari ulang tahun Hatsune Miku pada bulan Agustus 2015 lalu. Yuk, kita dengar crossfade dari album spesial untuk Miku yang satu ini!

Nah, kepingin karyamu seperti itu? Tidak perlu khawatir! Yuk, terus simak artikel ini sampai kebawah, ya! Kita akan bahas tips dan trik buat para Voca-P pemula untuk meningkatkan kemampuan bermusikmu! ^_^

o) Mengenal dasar bahasa Jepang

Seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan bahasa yang dipergunakan oleh Vocaloid adalah bahasa Jepang, meskipun ada beberapa yang juga dibuat untuk bahasa Inggris-nya. Untuk itu, kita harus mempelajari dasar dari bahasa Jepang itu sendiri. Tidak perlu harus mendalami hiragana, katakana bahkan kanji, kita cukup mengetahui penggalan-penggalan kata dalam bahasa Jepang.

Sedikit catatan untuk kamu yang ingin menciptakan sebuah lagu berbahasa Indonesia memakai Vocaloid, untuk beberapa penyebutan kata seperti ‘memasak’ bisa diakali dengan menuliskan ‘me-ma-sa-ku’ atau ‘mu-ma-sa-ku’, karena bunyi ‘u’ pada pelafalan bahasa Jepang terdengar samar-samar sehingga hal ini dapat kita lakukan untuk mengatasi ‘kejanggalan pelafalan’ pada Vocaloid berbahasa Jepang. Untuk melatih kemampuanmu dalam mengolah Vocaloid, kamu bisa mengawali karir bermusikmu dengan membuat cover dari lagu yang sudah ada sebagai ‘adaptasi’ dalam mengenal karakter suara serta software Vocaloid itu sendiri. Biasanya, para Voca-user pemula masih merasa kebingungan dengan fitur-fitur yang ada pada Vocaloid, jadi kamu bisa berkenalan terlebih dahulu sebagai ‘start-up’ mu di bidang per-Vocaloid-an ini!

o) Belajar harmonisasi lagu

Ini sebuah poin yang nampaknya agak sulit, khususnya bagi kalian yang masih sangat buta dengan musik. Hal ini dikarenakan harmonisasi membutuhkan ‘rasa’ dengan mengatur tinggi-rendah serta keras-lembutnya nada. Namun hal ini bisa dipelajari dengan sering-sering mendengar contoh lagu yang sejenis. Jika kita ingin membuat aransemen musik band, maka kita harus sering-sering menyimak referensi musik yang genre-nya sejenis sekaligus memperhatikan bagaimana perpaduan bunyi antar alat musik tersebut.

o) Bisa bermain alat musik

Poin ini sebenarnya tidak diharuskan, namun bisa menjadi nilai tambah bila kamu telah menguasai alat musik sebelumnya. Kamu bisa berlatih alat musik seperti piano, gitar atau biola secara otodidak ataupun mengikuti les khusus.

o) Latihan menggunakan software musik tambahan

Buat kamu yang tidak bisa bermain alat musik, jangan khawatir! Kamu bisa mempelajari alat musik menggunakan software pendukung seperti FL Studio, Ableton, Guitar Pro dan sebagainya. Di software tersebut, sudah tersedia beberapa bunyi-bunyian dari alat musik bawaan yang bisa kamu coba utak-atik sendiri! Tidak bisa memakainya? Tenang, sudah banyak video tutorial yang bisa kamu temukan di Youtube, lho! Mulai dari bahasa Inggris, Spanyol, bahkan Indonesia pun juga ada!

o) Membuat lirik lagu

Sudah menguasai musik dan Vocaloid? Kini waktunya kamu untuk mencoba membuat lirik lagu. Ya, kalau membahas lirik lagu berarti kita akan sedikit menjurus ke bahasa dan sastra. Tidak perlu membuat lagu dengan kata-kata yang berat sehingga sulit dipahami oleh orang awwam. Kamu cukup membuat lirik yang sesuai dengan suasana hatimu. Cari kata yang ringan namun mudah diingat, sekalipun tidak baku. Yang terpenting adalah, lagu tersebut memiliki makna dan maksud yang dapat dicerna oleh pendengar. Alangkah lebih bagus lagi jika kamu menyelipkan kata-kata yang sedang nge-hits saat ini. Tidak masalah!

o) Berkenalan dengan Voca-P yang lebih senior!

“Wah, orang ini hebat banget sih, bisa bikin lagu keren seperti ini! Kira-kira aku bisa gak ya belajar langsung sama orangnya?” – Jawabannya adalah BISA! Sebuah mimpi yang berwujud nyata adalah ketika seseorang yang kita kagumi karyanya dan menjadi ‘idola’ dan bisa menjadi teman kita! Kenapa tidak? Hal itu bisa terjadi jika kita memang mempunyai ambisi tinggi terhadap hal tersebut. Mungkin tidak hari ini, tapi esok atau lusa, siapa yang tahu? Hehe!

Kamu bisa bergabung dengan forum-forum musik dan kamu bisa saling bertukar ilmu dan pengalaman, diiringi dengan kemampuan bermusikmu yang terus meningkat. Kamu harus optimis, semakin keras usahamu, maka akan ada orang yang akan ‘menyadari’ karyamu. Dan bisa jadi, idolamu yang akan notice kamu!

Jadi, tunggu apa lagi, minna-san? Yuk, teruslah belajar dan gali potensimu! Semakin sering berlatih, maka secara otomatis kemampuanmu juga ikut berkembang dari waktu ke waktu. Tetapi ingat, kamu harus tetap jaga kesehatan dan atur waktu sekolah dan aktivitas sehari-harimu yang lainnya, ya! Selamat berjuang! Ditunggu karya gemilang kalian, ya! ^_^