Content provided by Keepo. Jepang menjadi satu-satunya wakil Asia dalam fase 16 besar Piala Dunia 2018. Sayangnya, perjalanan Samurai Biru harus berhenti setelah kalah secara dramatis dari Belgia. Hasil ini langsung memastikan timnas dan seluruh pendukung jepang  pulang kampung. Namun, pemandangan tidak biasa malah tersaji di stadion Rostov-on-Don, Rusia.

Baca Juga: Ini Sosok Yang Dianggap Sebagai Tsubasa Di Dunia Nyata Zaman Now

Pendukung Jepang yang hadir di stadion secara sukarela membersihkan sampah yang bertebaran di stadion pasca pertandingan berakhir. Tindakan ini langsung mendapatkan respek dari seluruh suporter yang ada di stadion hingga para pecinta bola di dunia. Dan ini dia, potret jiwa Samurai para pendukung Jepang yang layak dijadikan teladan bagi kita semua.

1 – Tindakan terpuji pendukung Jepang ini sudah mereka lakukan sejak awal mula Piala Dunia 2018.

Tindakan terpuji suporter Jepang ini sudah mereka lakukan sejak awal mula Piala Dunia 2018.

(Gambar via AP Photo/Pavel Golovkin)

Timnas Jepang melakukan petualangan mereka di ajang Piala Dunia 2018 ini dengan cukup baik. 1 kali kemenangan, 1 kali imbang, dan 1 kali kekalahan mereka dapatkan. Perjuangan para pemain ini pun diiringi dengan sikap terpuji pendukungnya yang sangat santun dan menghargai sebuah acara internasional. Mereka dengan senang hati mengumpulkan sampah yang berserakan.

2 – Membawa sebuah kantong plastik berwarna biru, mereka berkeliling dan mengumpulkan sampah tersebut.

Membawa sebuah kantong plastik berwarna biru, mereka berkeliling dan mengumpulkan sampah tersebut.

(Gambar via AP Photo/Pavel Golovkin)

Tidak ada rasa ragu dalam wajah mereka ketika mengumpulkan sampah tersebut. Tidak hanya sampah dari teman-temannya sendiri, namun semua sampah yang mereka temui di sekitarnya bakal diambil dan dimasukin dalam kresek. Salut!

3 – Meskipun mereka tahu ada staff kebersihan yang akan membersihkan setiap sampah yang ada di stadion. Mereka merasa bertanggung jawab dengan sampah-sampah tersebut.

Meskipun mereka tahu ada staff kebersihan yang akan membersihkan setiap sampah yang ada di stadion. Mereka merasa bertanggung jawab dengan sampah-sampah tersebut.

Sikap para pendukung Jepang ini benar-benar sikap yang sangat jarang dimiliki. Tidak ada rasa pamrih, menghargai para staff kebersihan, dan bertanggung jawab dengan sampahnya sendiri. Bener-bener bikin kagum.

4 – Tindakan para suporter ini mendapatkan banyak respon positif dari pecinta sepak bola dunia.

Tindakan para suporter Jepang ini mendapatkan banyak respon positif dari pecinta sepak bola dunia.

(Gambar via Carl Court/Getty Images)

Banyak para pecinta bola memberikan respek yang besar pada suporter pendukung Jepang. Tidak hanya di awal pertandingan Jepang saja mereka melakukan hal ini. tapi seluruh pertandingan hingga babak 16 besar.

5 – Tidak ada perbedaan laki-laki maupun perempuan. Mereka semua saling bahu membahu untuk membersihkan sampah yang ada dalam stadion.

Tidak ada perbedaan laki-laki maupun perempuan. Mereka semua saling bahu membahu untuk membersihkan sampah yang ada dalam stadion.

(Gambar via Catherine Ivill/Getty Images)

Tidak hanya para suporter cowok aja yang bersih-bersih sampah di dalam stadion loh. Yang cewek pun ga mau kalah dan ikut bersih-bersih juga.

6 – Hingga akhirnya perjalanan mereka di ajang Piala Dunia 2018 harus berakhir setelah kalah 3-2 dari Belgia.

Hingga akhirnya perjalanan mereka di ajang Piala Dunia 2018 harus berakhir setelah kalah 3-2 dari Belgia.

(Gambar via Carl Court/Getty Images

Jepang harus pulang kampung setelah kekalahan 3-2 dari Belgia. Tapi, kekalahan tersebut tidak membuat sikap suporter Jepang berubah. Mereka tetap menjalankan komitmen mereka untuk menjaga kebersihan di dalam stadion. Meskipun hati mereka pasti sedih melihat timnasnya kalah secara dramatis.

7 – Tidak hanya suporter yang berusaha selalu menjaga kebersihan. Seluruh pemain dan official Timnas Jepang juga meninggalkan loker pemain dengan sangat rapi dan bersih!

Tidak hanya suporter yang berusaha selalu menjaga kebersihan. Seluruh pemain dan ofisial Timnas Jepang juga meninggalkan loker pemain dengan sangat rapi dan bersih!

Tindakan yang dilakukan oleh elemen sepak bola Jepang ini merupakan attitude yang sangat-sangat layak dikasih jempol 2 deh. Suporternya santun dan bertanggung jawab, pemainnya pun sportif dan menerima kekalahan dengan sangat berkelas.

Btw, sebelum meninggalkan ruangan Timnas Jepang meninggalkan secarik kertas bertuliskan bahasa Rusia yang berarti “TERIMA KASIH”.

Wah, bener-bener kagum deh sama negeri Tirai Bambu ini. Bisa jadi teladan dan contoh buat para suporter dan ofisial sepak bola nih. Karena pada dasarnya tanggung jawab dan sportivitas merupakan poin penting  dalam dunia sepak bola. Semoga sepak bola Indonesia bisa ketularan sepak bola Jepang deh ya. Menjaga kebersihan bersama-sama dan selalu menjungjung tinggi sportifitas. Tapi, bisa nggak ya? Hmmm…